Sukses

Trik Terhindar dari Bau Mulut Selama Puasa

Bau mulut merupakan masalah yang banyak dikeluhkan selama bulan puasa. Apalagi jika pekerjaan menuntut Anda untuk bertemu banyak orang.

Klikdokter.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalan ibadah puasa. Selain untuk memenuhi kebutuhan spiritual, puasa membawa banyak kebaikan bagi tubuh. Namun, di bulan suci ini tak sedikit yang mengeluhkan masalah bau mulut.

Hal tersebut memang tak terhindarkan. Sebab, saat berpuasa terjadi peningkatan konsentrasi senyawa yang mengandung sulfur dalam rongga mulut. Ini terjadi karena saat berpuasa, tidak ada aktivitas pengunyahan.

Akibatnya aliran air liur jauh berkurang. Padahal, salah satu fungsi air liur adalah membilas kotoran dari rongga mulut.

Jika air liur berkurang, sisa makanan akan menumpuk di permukaan gigi. Ini akan semakin buruk jika penyikatan gigi tidak dilakukan secara baik dan benar. Sisa makanan akan diproses oleh bakteri dan menghasilkan senyawa yang mengandung sulfur penyebab bau mulut.

Untuk menjaga napas tetap segar selama berpuasa, kebersihan gigi dan mulut sangat penting diperhatikan. Seluruh permukaan gigi harus bersih dari sisa makanan. Pembersihan gigi dapat dilakukan dengan cara penyikatan dan penggunaan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang sering kali luput.

Penggunaan pasta gigi dapat dilakukan di luar waktu berpuasa, yaitu saat menyikat gigi malam hari sebelum tidur dan setelah sahur. Selain itu, untuk mencegah bau mulut atau yang dalam bahasa medisnya dikenal dengan istilah halitosis, juga bisa dilakukan di siang hari –dengan catatan Anda berhati-hati agar jangan sampai tertelan.

Supaya terhindar dari bau mulut, usahakan juga memilih menu berbuka dan sahur yang tidak mengandung senyawa sulfur. Hindari makanan tinggi kandungan gula seperti susu, bawang putih dan merah. Mengonsumsi banyak minum air putuh dapat menghindari tubuh dari kekurangan cairan selama berpuasa.

Nah, tidak sulit ‘kan berkelit dari masalah bau mulut di bulan puasa? Semoga puasa Anda berjalan lancar, ya. Selamat menunaikan ibadah puasa!

[DA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar