Sukses

Gigi Ngilu Saat Berbuka dengan Minuman Hangat? Ini Sebabnya

Gigi Anda terasa ngilu ketika minum air hangat atau manis? Bisa jadi karena gigi sensitif.

Klikdokter.com, Jakarta Di bulan puasa, minuman hangat dan manis adalah salah satu pilihan favorit banyak orang untuk dinikmati setelah sehari penuh berpuasa. Sayangnya, mengonsumsi minuman hangat dan manis saat berbuka dapat memicu rasa ngilu pada sebagian orang, terutama mereka yang memiliki masalah gigi sensitif.

Hal ini terjadi karena saat sedang berpuasa tidak ada aktivitas pengunyahan yang menstimulasi produksi air liur, sehingga mulut terasa kering. Padahal aliran air liur yang normal dan sehat dapat menetralisir keasaman di mulut.

Jika aliran air liur dalam rongga mulut berkurang, maka suasana dalam rongga mulut menjadi asam. Hal inilah yang meningkatkan kemungkinan terjadinya sensitivitas pada gigi.

Namun sebenarnya, gigi sensitif itu sendiri terjadi karena lapisan bagian dalam gigi, yang disebut dentin, terbuka. Dentin berstruktur seperti tabung berisi cairan dan mengandung serabut saraf.

Jika lapisan dentin terbuka, cairan di dalamnya dapat bergerak dan merangsang serabut saraf untuk menghantarkan rangsangan ke otak. Akibatnya timbul persepsi rasa sakit.

Lapisan dentin umumnya terbuka karena terkikisnya lapisan email. Misalnya pada orang-orang yang menyikat gigi terlalu keras atau ketika mulut dalam suasana asam yang berkepanjangan.

Namun tidak semua kondisi tereksposnya dentin berujung pada gigi sensitif. Ini bergantung pada ambang nyeri pada masing-masing individu. Jika hal ini terjadi pada Anda, berkonsultasilah ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk mencegah serangan gigi ngilu saat berbuka, sebaiknya awali berbuka puasa dengan minum air putih terlebih dulu. Hindari minuman hangat dengan suhu ekstrem dan manis.

Mencegah rasa ngilu memang dapat dilakukan dengan memilih makanan dan minuman secara cermat, khususnya saat berbuka puasa. Tapi Anda juga bisa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif untuk meredakannya.

Salah satu pasta gigi terbaik yang bisa Anda coba adalah Sensodyne. Pasta gigi ini dipercaya dapat meredakan ngilu serta melindungi gigi sensitif selama 24 jam.

Tak hanya itu, beragam varian produk Sensodyne dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti:

  • Sensodyne® Fresh Mint with Flouride

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan mencegah gigi berlubang.

  • Sensodyne® Fresh Mint with Flouride

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan membantu mengembalikan putih alami gigi.

  • Sensodyne® Cool Gel

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan menyegarkan mulut.

  • Sensodyne® Original

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif 24 jam setiap hari dan gigi lebih bersih.

  • Sensodyne® Gum Care

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan melindungi gusi.

  • Sensodyne Total Care

    Perlindungan dan perawatan menyeluruh untuk gigi sensitif, 24 jam setiap hari.

  • Sensodyne® Repair & Protect

    Dengan teknologi Novamin, dapat membentuk kembali lapisan mineral gigi untuk melindungi gigi sensitif.

  • Sensodyne® Rapid Relief

    Pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk melindungi gigi sensitif secara cepat.

Segera beli dan gunakan selalu pasta gigi Sensodyne di pagi dan malam hari. Pasta gigi ini akan membantu mengatasi gigi ngilu serta memberikan nafas segar selama bulan puasa. Dengan begitu, Anda dapat percaya diri untuk beraktivitas selama bulan suci Ramadan.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar