Sukses

Jurus Jitu Mengatasi Gigi Sensitif

Rasa ngilu saat mengonsumsi minuman dingin bisa jadi disebabkan karena gigi Anda sensitif.

Klikdokter.com, Jakarta Dalam dunia medis, gigi sensitif disebut dentin hipersensitif. Rasa ngilu ini disebabkan karena lapisan dentin yang seharusnya tertutup telah terbuka. Lapisan dentin berstruktur seperti tabung (tubulus) atau pori yang mengandung cairan.

Cairan ini dapat bergerak jika ada rangsangan suhu, tekanan atau sentuhan, atau zat kimia. Pergerakan cairan inilah yang merangsang serabut saraf gigi dan menimbulkan keluhan nyeri tajam yang menjadi ciri khas gigi sensitif. Bagian gigi yang kerap terasa ngilu adalah gigi taring dan geraham kecil (premolar).

Lalu bagaimana lapisan dentin bisa terbuka? Terbukanya lapisan dentin bisa terjadi karena hilangnya lapisan email yang seharusnya menutupi dentin akibat kesalahan dalam menyikat gigi.

Salah satu kesalahan menyikat gigi yang paling sering ada hubungannya dengan penggunaan pasta gigi. Produk pasta gigi yang ditawarkan di pasaran memang bervariasi, namun umumnya mengandung partikel abrasif dan bahan antibakteri.

Partikel tersebut digunakan dengan tujuan untuk membersihkan kotoran di permukaan gigi. Sedangkan bahan antibakteri dimaksudkan untuk mencegah gigi berlubang.

Saat ini angka kejadian gigi sensitif terus meningkat. Ini membuat banyak produsen pasta gigi tertarik untuk mengembangkan produk yang dapat mengurangi atau meredakan sensitivitas pada gigi.

Berbagai studi pun telah membuktikan bahwa pasta gigi untuk gigi sensitif memang mampu menurunkan rasa ngilu yang dikeluhkan. Prinsip kerjanya adalah dengan menutup tubulus dalam lapisan dentin.

Penutupan tersebut bertujuan untuk meminimalisir pergerakan cairan dalam tubulus, serta memblokade aktivitas saraf gigi. Berbagai bahan aktif seperti potasium nitrat dicampurkan ke dalam pasta gigi untuk mencapai tujuan.

Peningkatan konsentrasi potasium di sekitar serabut saraf gigi akan menghalangi jalannya stimulus saraf, yang mengakibatkan berkurangnya rasa nyeri. Selain itu, ion yang terkandung dalam pasta gigi ini akan membentuk lapisan yang kuat di permukaan dentin sehingga menghalangi terpicunya sensitivitas.

Jadi, untuk menghindari terjadinya gigi sensitif, sikatlah gigi dengan cara yang benar. Hindari menyikat terlalu keras. Bila gigi sudah terlanjur sensitif, gantilah pasta gigi Anda dengan produk yang diformulasi khusus untuk gigi sensitif

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar