Sukses

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang?

Saat hamil, wanita tak lagi bisa tidur dengan posisi sembarangan –termasuk terlentang. Apa alasannya?

Klikdokter.com, Jakarta Saat hamil, wanita tak bisa tidur dengan posisi sembarangan. Sebab wanita yang sedang hamil mengalami banyak perubahan fisik. Apa saja perubahan tersebut?

Saat hamil, kapasitas ruang rahim membesar hingga 500 kali lipat. Berat rahim juga meningkat hingga 20 kali lipat dibanding sebelum hamil, menjadi sekitar 0,8 kg.

Dinding rahim yang awalnya hanya setebal 1,5–2 cm, ketebalannya bertambah menjadi 20–22 cm. Selain itu berat rahim beserta isinya bertambah menjadi 6,5 kg pada akhir bulan kehamilan.

Berat rahim yang meningkat dapat menekan pembuluh darah besar seperti aorta dan vena cava di dalam perut. Hal ini dapat membahayakan kondisi sang calon ibu dan janinnya. Sirkulasi darah ke jantung ibu dan janin juga akan berkurang dengan penekanan tersebut.

Karena perubahan-perubahan itu, wanita hamil tak boleh tidur dengan posisi sembarangan, apalagi terlentang. Posisi tidur terlentang tidak disarankan karena membuat wanita yang sedang hamil tidak nyaman. Biasanya, mereka akan merasa sesak jika tidur dengan posisi tersebut.

Tidur terlentang juga dapat menyebabkan nyeri punggung atau pinggang belakang, kesulitan bernapas, masalah pencernaan, wasir, dan juga tekanan darah rendah. Ada pula yang bermasalah dengan kenaikan asam lambung.

Posisi tidur terbaik untuk wanita yang sedang hamil adalah miring ke kiri. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi ke janin melalui plasenta.

Terkadang, wanita hamil juga memerlukan penopang seperti guling pada punggungnya. Saat ini sudah banyak bantal wanita hamil yang berbentuk U atau C. Bantal ini bisa membantu menopang punggung wanita hamil dan membuat tidur lebih nyenyak.

[BA/ RH]

2 Komentar

  • Widya Chyaries Setya

    Dok...katanya kalau lagi hamil tidak boleh tidur telentang..tapi saya hamil 7 bulan saya merasa lebih enak tdur telentang..dengan bantal dibawah paha..

  • Tiah Ajjah

    Dok sya mao tanya saya lg hamil 4 bulan yang saya mao tanya knp ibu hamil gk bleh tdr terlentang dan tdr yg baik baik buat ibu hamil gmna mhon penjelasan nya dok