Sukses

Mengenal Batas Usia Maksimal Manusia

Kebanyakan orang tentu menginginkan ingin panjang umur. Tapi nyatanya, manusia memiliki batas usia maksimal lho!

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti menginginkan umur yang panjang, agar bisa melihat tumbuh kembang anak dan cucu. Namun penelitian menunjukkan bahwa sebetulnya manusia memiliki batas usia maksimal.

Berdasarkan data dari Human Mortality Database menyebutkan bahwa pada 2 dekade belakangan, tidak terdapat peningkatan angka pada usia manusia yang melebihi 100 tahun.

Penelitian lain yang dipublikasikan di jurnal Nature juga mendukung hal yang sama. Sejak tahun 1990, usia manusia tertua tidak ada peningkatan. Bahkan, tingkat harapan hidup cenderung semakin menurun menginjak usia 100 tahun.

Rekor manusia tertua masih dipegang oleh Jeanne Calment dari Perancis. Wanita yang lahir bahkan sebelum menara Eiffel berdiri meninggal dunia pada usia 122 tahun (di tahun 1997). Sejak itu, belum ada lagi yang menyaingi rekor Calment hingga sekarang.

Angka harapan hidup pun berbeda–beda pada setiap negara. Bergantung dari kebiasaan, pola makan, faktor genetik, lingkungan dan masih banyak lagi.

Berdasarkan data dari ONS, di negara Inggris saja angka harapan hidup sejak tahun 1891 mengalami peningkatan hingga tahun 2011. Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi di dunia kedokteran.

Bisakah penuaan dihambat? Jawabannya tidak.

Penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada manusia dan tidak bisa dihambat. Untuk meningkatkan harapan hidup perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dan pendekatan hingga unit terkecil dari sel, termasuk DNA.

Meski kini banyak terobosan terbaru dari sisi medis, seperti terapi dengan sel punca. Namun tindakan–tindakan tersebut hanya untuk memperlambat proses penuaan, bukan mencegah atau menghambatnya.

Jadi, batas usia maksimal manusia dapat disebabkan beberapa faktor salah satunya dari gaya hidup seseorang. Karena itu, selalu terapkan pola hidup sehat ya.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar