Sukses

Fakta Tentang Kutu Rambut yang Anda Harus Tahu

Terkena kutu rambut nampaknya sangat merepotkan. Baca fakta tentang kutu rambut berikut ini untuk mencegahnya.

Klikdokter.com, Jakarta Kutu rambut merupakan jenis serangga yang hidup di kulit kepala. Untuk bisa hidup, serangga ini memperoleh nutrisi dengan mengisap darah manusia. Kutu rambut tidak dapat hidup lebih dari 48 jam di luar tubuh manusia.

Kutu rambut tidak memiliki sayap sehingga tidak dapat terbang ataupun loncat. Perpindahan atau penularannya melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terkena kutu rambut.

Kontak langsung tersebut bisa lewat berbagi topi, sisir, handuk, atau tidur di satu ranjang. Olahraga yang memerlukan kontak juga bisa membuat seseorang tertular kutu rambut. Namun kutu rambut tidak dapat menyebar melalui hewan peliharaan.

Anda bisa saja tidak merasakan gejala apapun atau gejala baru muncul beberapa menit setelah terkena. Gejala yang umum adalah gatal, sulit tidur, dan sensasi merayap serta nyeri akibat garukan pada kepala. Rasa gatal umumnya karena reaksi alergi pada liur kutu rambut yang muncul saat kutu rambut mengisap darah Anda.

Diagnosis kutu rambut umumnya dipastikan setelah menemukan setidaknya satu kutu yang hidup. Penemuan telur kutu bisa menjadi petunjuk, namun tidak memastikan adanya kutu rambut. Menyisir rambut dengan sisir khusus dapat membantu menemukan kutu rambut.

Lantas, apakah kutu rambut bisa dibasmi? Kutu rambut umumnya mudah dibasmi dengan menggunakan obat kutu yang dijual bebas. Pengobatan ini umumnya tidak disarankan untuk anak di bawah dua tahun.

Selain penderita, orang yang tidur seranjang dengannya sebaiknya juga diobati. Bagi penghuni rumah lainnya, sebelum memulai pengobatan dapat dipastikan terlebih dahulu apakah terserang kutu juga atau tidak. Kutu rambut akan mati bila terpapar panas (kurang lebih 540C).

Agar tidak tertular; cucilah sarung bantal, seprei, topi, dan benda yang terkena kontak dengan kepala penderita selama dua hari menggunakan air panas. Benda yang sulit dicuci, seperti karpet, dapat dibersihkan dengan mesin vacuum. Solusi lainnya yaitu membungkus benda tersebut dengan plastik selama dua minggu.

Nah, pengetahuan ini bisa dipakai untuk memerangi kutu rambut. Pencegahan terbaik sebenarnya adalah hindari kontak langsung dengan orang yang terkena kutu rambut.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar