Sukses

Pascamenopause, Wanita Lebih Berisiko Mengidap Penyakit Jantung

Tak hanya laki-laki, penyakit jantung juga bisa menyerang wanita, khususnya pascamenopause.

Klikdokter.com, Jakarta Berdasarkan hasil survei, wanita lebih terlindungi dari risiko mengidap penyakit jantung dibandingkan pria. Tapi, risiko wanita mengidap jantung akan meningkat pascamenopause.

Hal itu dikatakan Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), dr. Yetty Sedyawan,Sp.Jp(K), saat menghadiri acara perkembangan teknologi dan pelayanan terkini pada penyakit jantung dan pembuluh darah lanjut di Jakarta.

"Kalau perempuan, ‘kan memang ada hormon estrogen. Nah, hormon ini yang melindungi perempuan dari risiko penyakit jantung. Ketika menopause, hormon ini tidak lagi diproduksi sehingga risiko mengidap serangan jantung meningkat," kata Yetty.

Tak hanya meningkatkan risiko mengidap penyakit jantung, penyakit jantung pada wanita yang telah mengalami menopause juga lebih mematikan dibandingkan pada pria.

Pada usia pertengahan 45 tahun, pria sudah bisa mengidap penyakit jantung. Sedangkan kebanyakan wanita baru terkena di usia 55 tahun.

Namun ia menyebut bahwa hal ini bisa dicegah jika kaum wanita menjaga pola hidupnya sebelum menopause. Misalnya dengan menjaga berat badan, melakukan aktivitas fisik secara rutin, dan mengurangi asupan gula dan garam.

Karena wanita pascamenopause lebih berisiko mengidap penyakit jantung, maka menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit ini.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar