Sukses

PERSI dan Danone Berkolaborasi Sediakan Air Bersih di Rumah Sakit

PERSI bekerja sama dengan Danone dalam meningkatkan kualitas air bersih di rumah sakit.

Klikdokter.com, Jakarta Air bersih adalah hak setiap pasien di rumah sakit. Pada tahun 2017 ini, PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) berkomitmen untuk menyediakannya di rumah sakit di Indonesia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PERSI menggandeng Danone AQUA dan menggagas program “Air bagi Kesehatan”.

“Ketersediaan air bersih di rumah sakit penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi dan sanitasi pasien, serta untuk kepentingan sterilisasi dan pengoperasian alat medis,” kata dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M. Kes., Ketua Umum PERSI, dalam konferensi pers di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Selasa (25/04/2017).

Selain itu, air bersih juga dapat mencegah berkembangnya penyakit. Fakta ini didukung oleh studi yang dilakukan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.

Para peneliti menyebutkan, sekitar 1/3 dari 430 rumah sakit di 19 negara berkembang masih kekurangan air bersih. Hal ini berpotensi menyebabkan kontaminasi bakteri, seperti Legionella sp., Pseudomonas aeruginosa, Nontuberculous mycobacteria, dan lain-lain.

Kontaminasi bakteri tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit. Sebut saja radang paru-paru, disentri, tifus, kolera, dan hepatitis A.

Selain mengelola dan mengawasi kesehatan lingkungan rumah sakit, program “Air bagi Kesehatan” akan memberikan edukasi seputar air bersih untuk masyarakat.

Tak hanya itu, Danone juga akan meluncurkan seminar online. Nantinya, seminar ini dapat diakses langsung oleh ribuan petugas medis di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang.

Semoga kerja sama antara PERSI dan Danone ini dapat lebih membuka mata para pengelola rumah sakit. Ketersediaan air bersih, tak dimungkiri, sangat penting untuk operasional rumah sakit. Diharapkan juga, daya saing dan mutu rumah sakit dapat meningkat sehingga setara dengan negara maju.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar