HomeGaya hidupDiet dan NutrisiEmpat Makanan Ini Bikin Anda Lebih Kenyang
Diet dan Nutrisi

Empat Makanan Ini Bikin Anda Lebih Kenyang

dr. Sara Elise Wijono MRes, 26 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin cepat kenyang? Coba masukkan makanan ini dalam menu Anda.

Empat Makanan Ini Bikin Anda Lebih Kenyang

Sesudah makan, apakah Anda masih sering ingin ngemil? Jika ya, Anda perlu lebih cermat dalam memilih makanan. Bagaimana caranya? Konsumsilah makanan yang membuat Anda lebih kenyang.

Terdapat penilaian satiety indeks yang dapat mengukur tingkat kekenyangan suatu makanan. Umumnya, makanan dengan satiety indeks di atas 100 dianggap lebih mengenyangkan.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, tentunya Anda akan terhindar dari makan berlebihan. Apa saja jenis-jenis makanan tersebut?

1. Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat dapat memperlambat waktu makanan meninggalkan lambung dan meningkatkan waktu pencernaan. Akibatnya, Anda merasa kenyang lebih lama. Cobalah: oatmeal, sayuran, kacang-kacangan, dan buah (terutama apel dan jeruk).

2. Makanan tinggi protein

Sumber makanan tinggi protein ternyata paling mengenyangkan. Protein dapat berperan pada produksi hormon yang menimbulkan rasa kenyang, seperti ghrelin. Cobalah: ikan, telur, daging tanpa lemak, dan greek yoghurt.

3. Makanan ‘bervolume’

Beberapa jenis makanan banyak mengandung air atau udara, sehingga bisa menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Cobalah: sup, sayuran, dan buah.

4. Makanan dengan sedikit energy density

Makanan jenis ini memiliki lebih sedikit kalori, jika dibandingkan jenis makanan lain dengan berat yang sama. Umumnya, jenis makanan ini kaya serat dan air namun rendah lemak. Cobalah: kentang rebus, sayuran, kacang-kacangan, dan buah.Cara memasak pun berpengaruh. Contohnya, kentang dalam berbagai bentuk mungkin sama-sama mengenyangkan. Namun jika direbus kalorinya lebih sedikit daripada digoreng.

Buah pun sebaiknya dimakan langsung. Jika dibuat jus, misalnya, akan kurang mengenyangkan. Jika keinginan makan masih tinggi, buatlah camilan sehat di antara jam makan dengan jenis makanan yang mengenyangkan. Misalnya: kacang, smoothies dari sayuran, atau buah.

Jangan ragu untuk mempelajari jenis makanan lainnya yang mengenyangkan Anda!

[RS/ RH]

makananKenyangMakanan Tinggi Serat

Konsultasi Dokter Terkait