HomeGaya hidupDiet dan NutrisiSejuta Manfaat Kunyit untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Sejuta Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

dr. Kartika Mayasari, 26 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kunyit menyimpan banyak manfaat tak terduga bagi tubuh. Apa sajakah?

Sejuta Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang mudah dijumpai sehari-hari. Orang banyak menggunakannya sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu, atau untuk pengobatan.

Seperti dalam pengobatan ayurvedic, kunyit digunakan untuk mengatasi peradangan (baik peradangan di dalam maupun di luar), kanker, artritis reumatoid, dan beberapa penyakit infeksi lainnya.

Akhir-akhir ini, peneliti juga sedang mempelajari manfaat kunyit untuk fibrosis kistik dan berbagai penyakit jantung dan saraf.

Lalu, apa yang membuat kunyit begitu bermanfaat? Jawabannya adalah kurkumin.

Sebagai zat aktif, kurkumin merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri merupakan substansi yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penelitian juga mengungkap, kurkumin dapat membantu mencegah dan mengobati kanker. Meski demikian, penelitian tersebut hanya sebatas pada hewan, sehingga perlu percobaan lebih lanjut pada manusia.

Keuntungan kunyit yang sudah teruji adalah sebagai antibakteri, anti peradangan, antitumor, antiseptik, dan sebagainya. Manfaat ini dapat dicapai melalui konsumsi dalam bentuk makanan, dengan dosis yang rendah dalam jangka waktu yang lama.

Banyak sekali, kan, manfaat kunyit? Tapi ingat, jangan mengonsumsinya sebagai pengobatan utama. Konsultasikan juga pada dokter sebelum menggunakannya untuk penyakit yang kamu alami.

Kamu bisa tanya dokter online lewat KlikDokter seputar manfaat kunyit untuk kesehatan atau baca artikel kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter.

[RS/ RH]

Manfaat KunyitKunyit

Konsultasi Dokter Terkait