Sukses

Perangi Kanker Payudara dengan Diet Mediterania

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling sering dialami wanita. Diet mediterania dipercaya bisa menurunkan risiko kanker tersebut.

Klikdokter.com, Jakarta Berdasarkan data dari WHO, pada tahun 2011 diperkirakan 508.000 wanita meninggal dunia karena kanker payudara. Meskipun kanker payudara merupakan jenis kanker yang menduduki peringkat teratas diderita oleh wanita, 30–50 % kanker payudara sebetulnya bisa dicegah.

Salah satu pencegahan kanker payudara yang kini dianggap menjanjikan oleh para ilmuwan adalah diet mediterania. Diet mediterania merupakan pola makan yang dilakukan oleh masyarakat dari negara Italia, Perancis, Yunani dan Spanyol dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan.

Menurut studi terkini yang dipublikasikan di International Journal of Cancer tahun 2017, menjalani diet ala mediterania dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita menopause. Studi ini dilakukan selama 20 tahun di Belanda dan melibatkan 62.573 responden wanita berusia 55–69 tahun.

Dari penelitian tersebut, ditemukan wanita post menopause yang menjalani pola diet mediterania mengalami penurunan risiko terkena kanker payudara sebanyak 40%. Meski diet mediterania ini biasanya meliputi konsumsi alkohol dalam jumlah sedikit (anggur merah). Dalam studi ini tidak dilakukan mengingat adanya hubungan konsumsi alkohol dengan kanker payudara.

Studi lain yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine pada tahun 2015 juga mendukung hal yang sama. Studi yang dilakukan selama 6 tahun di Spanyol tersebut melibatkan 4282 wanita usia 60-80 tahun yang diberikan diet ala mediterania dengan tambahan extravirgin olive oil. Hasilnya, 68% responden mengalami penurunan risiko kanker payudara.

Diet mediterania memang telah lama diteliti dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan untuk kesehatan tulang. Selain yang terbaru tentu saja untuk pencegahan kanker payudara.

Anda bisa mengikuti pola makan ala masyarakat mediterania ini dengan perbanyak mengonsumsi sayur, buah, minyak zaitun dan ikan. Tapi dalam mengonsumsi ikan hindari dengan cara digoreng atau dibakar. Sebagai alternatif Anda bisa melakukan dengan cara di steam atau dikukus.

Meski banyak faktor yang berperan menyebabkan kanker payudara –seperti faktor genetik, rokok, dsb, namun menjaga pola makan tak kalah penting. Yuk mulai jaga pola makan Anda dengan diet mediterania untuk cegah kanker payudara.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar