Sukses

Mengenal KB Implan Lebih Jauh

Di antara berbagai jenis kontrasepsi, KB implan adalah salah satunya. Pernah dengar?

Klikdokter.com, Jakarta Kontrasepsi adalah sebuah usaha untuk mencegah kehamilan. Di antara semua jenisnya, KB implan adalah salah satunya. Anda tahu apa itu KB implan?

KB implan, atau juga disebut susuk, merupakan alat kontrasepsi berbentuk seperti lidi sepanjang 4 cm yang ditanam di bawah kulit. Biasanya, area tempat ‘menanam’ alat ini adalah kulit lengan atas.

Fungsi dari lidi tersebut adalah mengeluarkan progestogen (mirip hormon progesteron) perlahan-lahan, sehingga pelepasan sel telur dapat terhambat. Pada prosesnya, progestogen juga membuat lendir serviks lebih tebal dan lengket, serta membuat dinding rahim lebih tipis.

Dengan demikian, sperma akan sulit melewati serviks. Kondisi rahim yang tipis akan membuatnya tidak dapat menerima bakal janin (embrio).

KB implan sangat cocok bagi Anda yang ingin menunda kehamilan dalam jangka pendek. Adapun keuntungan dan kerugian dari kontrasepsi jenis ini, yakni:

Keuntungan KB implan:

  1. Bila terpasang dengan benar, efektivitasnya mencapai 99%.
  2. Biaya yang relatif lebih murah daripada pil KB.
  3. Cocok bagi Anda yang sering lupa/malas mengonsumsi obat-obatan.
  4. Bila terjadi efek samping, KB implan bisa segera dilepas.

Kerugian KB implan:

  1. Kemungkinan timbul memar di area pemasangan KB implan. Biasanya, memar ini akan hilang satu minggu setelahnya.
  2. Pada kasus tertentu, KB implan akan mengganggu siklus haid di tahun pertama setelah pemasangan. Kondisi ini akan stabil kembali di tahun kedua.

Demikianlah sekelumit informasi mengenai KB implan, beserta keuntungan dan kerugiannya. Semoga ini bisa menambah wawasan Anda. Salam sehat!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar