Sukses

Telat Haid Tetapi Hasilnya Negatif, Apa yang Salah?

Banyak wanita mengalami telat haid. Namun setelah dites menggunakan test pack, hasilnya negatif. Bagaimana mungkin?

Klikdokter.com, Jakarta Telat haid tetapi hasilnya negatif. Ini adalah salah satu masalah yang sering dikeluhkan banyak wanita, terutama bagi wanita yang merindukan kehadiran buah hati.
Sebenarnya kondisi ini dapat terjadi di awal kehamilan atau ketika siklus menstruasi memanjang. Namun ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan hal ini terjadi, yaitu:

  1. Terlalu cepat melakukan tes

    Test pack berfungsi untuk mendeteksi kadar Human Chorionic Gonadotropin (hCG) dalam urine. Saat kadar hCG terdeteksi, maka akan muncul dua garis yang berarti positif.

    Hormon ini dihasilkan plasenta yang mulai terbentuk pada saat konsepsi, segera setelah embrio menempel pada dinding rahim. Biasanya muncul setelah 7–10 hari setelah ovulasi. Untuk hasil yang lebih akurat disarankan melakukan tes seminggu setelah telat haid.

  2. Waktu dan metode pemeriksaan yang kurang tepat

    Urine yang digunakan sebaiknya urine pertama pada pagi hari karena konsentrasi hCG diharapkan paling pekat pada waktu tersebut. Kemudian teknik pengambilannya melalui pancuran pertama saat buang air kecil.

    Selain itu disarankan minum banyak air putih beberapa jam sebelum melakukan tes. Anda dapat menahan buang air kecil hingga melakukan tes.

  3. Sensitivitas alat yang rendah

    Kini ada beragam jenis, merk, tipe, ukuran, dan tingkat keakuratan test pack yang dijual di pasaran. Jika menggunakan alat dengan sensitivitas rendah, hasil negatif yang diberikan yaitu ketika kadar hCG belum begitu meningkat saat awal kehamilan.

  4. Siklus menstruasi abnormal

    Jika Anda telat haid dan hasil tes tetap negatif, bisa jadi Anda memang tidak hamil. Siklus haid yang memanjang atau abnormal dapat terjadi ketika kondisi tubuh sedang tidak baik.

    Misalnya kebiasaan makan yang buruk serta stres dapat menyebabkan telat haid. Olahraga yang terlalu berat menjadi salah satu penyebab.

Untuk memastikan kembali hasil tes, Anda dapat melakukan tes ulang 1–2 minggu kemudian. Bila menginginkan hasil yang lebih akurat, Anda bisa memeriksa kadar hCG dalam darah di laboratorium terdekat.

Pada pemeriksaan laboratorium akan terlihat angka kuantitatif, bukan kualitatif dari hormon hCG. Selain itu, Anda pun dapat melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan untuk melihat adanya kantung janin yang mulai berkembang.

Bagi Anda yang sudah menantikan kehadiran si Kecil, jangan buru-buru berkecil hati saat hasil tes negatif meski sudah telat haid. Periksa kembali kemungkinan yang membuat hasil test pack Anda tidak positif.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar