HomeInfo SehatBerita KesehatanJupe Cuci Darah, Apa yang Terjadi?
Berita Kesehatan

Jupe Cuci Darah, Apa yang Terjadi?

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 21 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Di tengah pergulatannya melawan kanker serviks, semalam (20/4) Jupe harus menjalani cuci darah.

Jupe Cuci Darah, Apa yang Terjadi?

Kabar kesehatan Julia Perez atau yang akrab disapa Jupe, terus menjadi sorotan masyarakat. Setelah sebelumnya kondisinya dikabarkan menurun akibat kanker serviks yang dideritanya, Jupe pun harus menjani cuci darah di RSCM.

Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan, mengapa Jupe menjalani cuci darah padahal sakit kankerlah yang dideritanya? Apa hubungan antara kanker serviks dengan cuci darah?

Secara medis, cuci darah (hemodialisis) bertujuan untuk menggantikan fungsi ginjal dalam menyaring air dan racun sisa metabolisme tubuh. Proses ini umumnya berlangsung selama 3-5 jam.

Cuci darah dilakukan dengan menusukkan dua jarum ke lengan pasien dan menyambungkannya ke mesin cuci darah. Tindakan ini dilakukan pada orang yang mengalami gangguan fungsi ginjal yang berat.

Pada penderita kanker seperti Jupe, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan ginjalnya sangat terganggu. Penyebab yang paling umum yaitu efek samping obat-obatan dan kemoterapi.

Pemberian obat-obatan bisa mengganggu fungsi ginjal sementara waktu. Bila gangguannya berat, cuci darah umumnya dibutuhkan beberapa kali hingga ginjalnya pulih.

Penyebab lain adalah kanker serviks yang menyebar ke ginjal. Bila hal ini yang terjadi, fungsi ginjal tak mungkin kembali normal. Namun, penyebaran kanker serviks ke ginjal merupakan hal yang sangat jarang terjadi.

Memang penyebab Jupe menjalani cuci darah belum diketahui pasti. Namun kita berharap, setelah menjalani cuci darah, kondisi Jupe berangsur membaik.

(BA/ RH)

JupeCuci darahJulia PerezKanker Serviks

Konsultasi Dokter Terkait