HomeInfo SehatKankerKenali Gejala Kanker Prostat Sebelum Terlambat
Kanker

Kenali Gejala Kanker Prostat Sebelum Terlambat

dr. Nadia Octavia, 20 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kanker ibarat momok menakutkan bagi semua orang. Salah satunya kanker prostat. Yuk, kenali gejalanya sebelum terlambat.

Kenali Gejala Kanker Prostat Sebelum Terlambat

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering ditakuti, khususnya oleh kaum pria. Deteksi dini gejala kanker prostat dapat meningkatkan angka harapan hidup penderitanya. Pada stadium awal, kanker prostat biasanya tidak menimbulkan gejala. Kebanyakan pria menyadarinya saat melakukan pemeriksaan rutin.

Kalaupun timbul gejala, biasanya berupa BAK menjadi lebih sering, terdapat darah pada urine (hematuria), sering terbangun di malam hari. Selain itu penderitanya juga sulit mempertahankan ereksi dan nyeri saat ejakulasi.Sedangkan jika kanker prostat sudah berada di stadium lanjut, gejalanya bisa disertai dengan nyeri tulang. Seringkali nyeri terasa pada tulang belakang, panggul, dan tulang rusuk.

Selain itu juga muncul nyeri pada paha bagian atas, kelemahan pada tungkai (jika kanker sudah menyebar ke tulang belakang), dan tidak bisa menahan BAK dan BAB (jika kanker sudah menyebar ke tulang belakang).

Tidak seperti jenis kanker lainnya, kebanyakan kanker prostat memburuk perlahan. Anda dapat mengalaminya selama bertahun-tahun tanpa ada gejala tertentu. Namun, berdasarkan National Health Service UK, 1 dari 5 pria yang mengalami kanker prostat dapat mengalami perburukan atau komplikasi dengan cepat. Karena gejala yang tidak spesifik, penting untuk Anda para pria melakukan pemeriksaan rutin. Kanker prostat memang tidak dapat dicegah. Faktor–faktor seperti usia, ras dan keturunan tidak bisa dikontrol.

Namun bukan berarti Anda harus menyerah begitu saja. Menjaga berat badan tetap sehat dan ideal dengan olahraga teratur, serta perbanyak makan sayur dan buah cara ampuh menurunkan risiko penyakit tersebut.(DA/ RH)

PriaKankerKanker Prostat

Konsultasi Dokter Terkait