HomeInfo SehatKesehatan Umum5 Cara Berhenti Merokok yang Paling Efektif
Kesehatan Umum

5 Cara Berhenti Merokok yang Paling Efektif

dr. Theresia Rina Yunita, 20 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak perlu repot, lima cara ini efektif untuk membantu Anda berhenti merokok.

5 Cara Berhenti Merokok yang Paling Efektif

Ingin berhenti merokok dan mulai hidup tanpanya? Ini adalah impian banyak perokok. Dalam pelaksanaannya, tak sedikit yang merasa kesulitan atau bahkan gagal dan jatuh ke lubang yang sama.

Berhenti merokok bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan hanya dengan membalikkan telapak tangan. Sebab rokok memang menjanjikan kesenangan dan ketenangan, yang sebenarnya semu.

Jika Anda ingin terbebas dari itu semua, lakukan lima cara ini untuk berhenti merokok:

1. Perlahan tapi pasti

Berhenti merokok secara total memang sulit. Karena itu, Anda perlu menerapkan prinsip perlahan tapi pasti. Artinya, kurangi konsumsi rokok Anda secara perlahan, hingga akhirnya benar-benar berhenti. Misalnya: jika Anda merokok satu bungkus sehari, kurangi porsinya menjadi setengah bungkus. Tingkatkan terus porsi yang harus Anda kurangi hingga lama-lama tidak merokok lagi.

2. Menyibukkan diri

Menyibukkan diri dengan kegiatan positif akan menurunkan keinginan Anda untuk merokok. Beberapa kegiatan positif yang dimaksud adalah berolahraga, beribadah, atau melakukan hobi Anda. Dengan menyibukkan diri, Anda akan fokus pada apa yang harus dikerjakan. Pada akhirnya keinginan merokok akan semakin kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.

3. Hindari tempat-tempat merokok

Sebisa mungkin hindari tempat-tempat yang membuat keinginan merokok Anda muncul. Sebaliknya, carilah tempat yang memiliki larangan merokok seperti, ruangan-ruangan indoor, perpustakaan, dan lainnya.

4. Minta dukungan

Keluarga, teman, kerabat dan sahabat adalah orang-orang terdekat Anda. Selagi Anda berusaha berhenti merokok, mintalah dukungan dari mereka. Dengan demikian, Anda akan terbebas dari lingkungan yang diselimuti kebiasaan merokok.

5. Letakkan sesuatu di mulut

Merokok sering kali dilakukan karena kondisi mulut yang asam. Daripada menghisap benda berbahaya itu, lebih baik Anda mengunyah permen karet atau camilan lainnya. Bila kebiasaan ini rutin Anda lakukan, niscaya rokok hanya tinggal kenangan.

Tekad dan komitmen adalah hal utama yang harus dilakukan jika Anda ingin berhenti merokok. Jangan pernah melakukan ‘cheating day’, karena ini akan merusak semua usaha Anda.

Jika setelah melakukan semua usaha di atas Anda masih tidak bisa berhenti merokok, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan klinik bebas rokok. Selamat mecoba!

(NB/ RH)

merokokberhenti merokokRokokcara berhenti merokok

Konsultasi Dokter Terkait