Sukses

Deteksi Dini Penyakit Neuropati Antisipasi Risiko Kelumpuhan

Mendeteksi sejak dini penyakit neuropati dapat menyelamatkan Anda dari kelumpuhan!

Klikdokter.com, Jakarta Neuropati merupakan penyakit yang memengaruhi fungsi saraf. Gangguan sensasi, gerak, dan fungsi organ.dapat terjadi pada orang yang menderita neuropati. Lambat laun, kelumpuhan bisa jadi tidak terelakkan.

Penderita neuropati kerap merasakan beberapa gejala seperti keram, kebas, kesemutan hingga baal (tidak merasakan apa-apa) pada beberapa bagian tubuh, khususnya tangan dan kaki.

Menurut konsultan Neurologis, Prof. Dr. dr, Moh Hasan Machfoed, Sp.S(K), M.S, penyebab dari penyakit tersebut sangat erat terkait dengan gaya hidup sehari-hari.

"Lama-lama bisa terjadi kelumpuhan. Penyebabnya macam-macam, bisa karena komplikasi penyakit terutama diabetes, gaya hidup sehari-hari dalam bentuk aktivitas berulang, keracunan, atau terperangkap sarafnya," ujarnya kepada wartawan di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Oleh sebab itu, deteksi dini dianggap penting dilakukan supaya masyarakat sadar untuk melawan penyakit ini. Penderita neuropati sendiri kebanyakan dialami usia muda.

Neuropati sendiri dapat dicegah dengan memperbaiki gaya hidup, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup. Olah raga teratur membantu saraf bekerja dengan optimal dan istirahat yang memadai membantu proses regenerasi sel saraf berlangsung dengan baik sehingga mampu mengurangi risiko kelumpuhan.

(DA/MFW)

1 Komentar

  • Nurhayati Nasution

    hallo doc saya mau tanya saya dm tipe 1 dan sekarang sudah kena neoropatik sehingga tungkai kaki terasa jatuh dan mengalami lelumpuhan ap ini bisa sembuh kembali y doc trimakasi