HomeGaya hidupSehat dan BugarManfaat Bekerja Sambil Mendengarkan Musik
Sehat dan Bugar

Manfaat Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 11 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ternyata, mendengarkan musik kala bekerja atau belajar mendatangkan sederet manfaat.

Manfaat Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

Musik sering dijadikan pelarian saat seseorang merasa jenuh atau stres. Bahkan, tak sedikit yang memutuskan untuk mendengarkannya kala bekerja. Anda salah satunya?

Tidak dimungkiri, musik memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali bagi para pelajar atau pekerja kantoran. Pasalnya, alunan melodi dituding dapat meningkatkan produktivitas.

Melodi yang Anda sukai diyakini dapat meningkatkan produksi hormon dopamin, yang berperan dalam pusat kenikmatan otak. Dengan meningkatnya kadar dopamin, mood juga akan ikut meningkat.

Kejadian ini serupa dengan kesenangan yang dirasakan saat Anda mengobrol santai dengan teman akrab. Begitu juga ketika Anda menikmati makanan favorit.

Selain yang sudah disebutkan, mendengarkan musik saat bekerja ternyata juga bermanfaat untuk menetralisir suara keramaian di sekitar. Dengan demikian, Anda tetap bisa berkonsentrasi meski keadaan tidak kondusif.

Namun, untuk mendapatkan manfaat di atas, Anda harus benar-benar mendengarkan genre musik yang disukai. Di samping itu, Anda pun tidak perlu mendengarkannya sepanjang hari.

Seorang pakar mengatakan bahwa musik yang didengarkan sepanjang hari bisa mendatangkan dampak yang kurang baik. Waktu yang disarankan untuk mendengarkannya saat bekerja adalah 15-30 menit. Hal ini juga dimaksudkan agar Anda tidak ‘tertutup’dengan lingkungan sekitar.

Sekarang Anda sudah tahu faktanya, bukan? Jadi, jika Anda ingin mengingkatkan efektivitas dan produktivitas saat bekerja atau belajar, tidak ada salahnya untuk coba mendengarkan musik favorit. Selamat mencoba!

(NB/ RH)

bekerjaMusikkonsentrasiMendegarkan Musik

Konsultasi Dokter Terkait