Tips Parenting

Anak Takut Disuntik? Ini Caranya Agar Ia Tidak Nangis

Rieke Saras, 11 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan biarkan jadwal vaksinasi terhambat gara-gara anak takut disuntik.

Anak Takut Disuntik? Ini Caranya Agar Ia Tidak Nangis

Jadwal vaksinasi sudah tiba! Tapi Anda malah waswas dan bingung setengah mati. Bagaimana tidak, anak Anda pasti akan menangis karena takut disuntik.

Supaya ia tenang selama vaksinasi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Apa sajakah?

  • Tersenyumlah

    Sikap Anda selama vaksinasi sangat berperan penting. Tersenyumlah, seolah keadaan baik-baik saja. Jika Anda ikut-ikutan panik, anak otomatis juga akan merasa cemas.Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa bila orangtua berkata ‘Jangan khawatir’ atau ‘Semua akan baik-baik saja’, justru akan membuat anak semakin takut. Jadi, berikanlah senyum Anda dan tetap tenang.
  • Alihkan perhatian anak

    Rasa sakit akan jarum suntik dapat dikurangi dengan pengalihan. Jika anak Anda masih bayi dan batita, alihkan perhatiannya dengan menyanyi, membacakan cerita, atau membawa mainan-mainan kecilnya.Bila anak Anda sudah besar, ajak ia menonton video atau mendengarkan musik. Anda dapat menggunakan ponsel untuk menunjukkan film-film atau gambar-gambar selama ia disuntik.
  • Hindari berbohong pada anak

    Disuntik merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Karena itu, jangan membohongi anak dengan mengatakan ‘Tidak sakit’.“Lebih baik katakan bahwa ia akan disuntik sebentar dan setelahnya tidak akan sakit lagi. Dengan cara ini, anak tidak akan merasa ‘terkejut’ kemudian menangis,” kata dr. Ferina Rachmi, saat ditemui pada seminar “All About Vaccination” di Hotel Balairung, Jakarta Pusat (2/4/2017).
  • Menawarkan hadiah menarik

    Tak ada salahnya menawarkan hadiah pada anak jika ia berhasil melawan ketakutannya. Misalnya, dengan membelikan makanan kesukaan anak atau mainan yang telah ia idam-idamkan. Hal ini akan membuat anak terhibur dan lebih tenang saat vaksinasi.
  • Memberikan es pada kulit

    Letakkan es pada kulit anak sesaat sebelum divaksinasi. Atau bisa juga dengan mengoleskan krim topikal. Cara ini akan mengurangi rasa sakit saat disuntik.

Dengan cara-cara tersebut, diharapkan anak tidak akan takut disuntik lagi. Ingat juga agar Anda sebagai orangtua tetap bersikap tenang. Semoga berguna!

[RS/ RH]

vaksinAnak Takut DisuntikDisuntikImunisasi

Konsultasi Dokter Terkait