Sehat dan Bugar

Aktivitas Malam Hari yang Bisa Turunkan Berat Badan

dr. Vika Damay, 20 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak hanya olahraga, berbagai aktivitas sehari-hari di malam hari pun dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Aktivitas Malam Hari yang Bisa Turunkan Berat Badan

Tahukah Anda, ada beragam aktivitas sehari-hari yang memiliki efek serupa dengan olahraga dalam menurunkan berat badan?

Bila Anda kesulitan menyempatkan waktu untuk olahraga di siang hari karena harus bekerja, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di malam hari untuk menurunkan berat badan.

Selain mudah, cara menurunkan berat badan berikut ini tidak akan mengganggu kesibukan Anda. Yuk, lakukan berbagai aktivitas di malam hari berikut ini setelah Anda bekerja!

1. Tidur Cukup

Tidur Cukup Bisa Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat (Kamil Macniak/Shutterstock)

Siapa sangka, kebiasaan tidur sekalipun dapat menjadi cara menurunkan berat badan di malam hari. Namun ingat, tidur di sini maksudnya adalah tidur yang cukup.

Menurut studi dari Annals of Internal Medicine, tidur selama 8,5 jam setiap malam akan mengikis lemak tubuh dua kali lipat lebih banyak ketimbang tidur hanya 5,5 jam. Hal ini bahkan tetap berlaku walau mereka membakar jumlah kalori yang sama pada siang harinya.

Artikel Lainnya: Kegiatan Rumahan yang Efektif Bakar Kalori

Tidur yang cukup memengaruhi hormon leptin dan ghrelin. Hormon leptin meregulasi kadar energi dan menekan nafsu makan. Sementara, hormon ghrelin menstimulasi rasa lapar.

Apa hubungan antara kedua hormon ini dengan berat badan? Orang-orang yang tidur lebih banyak memiliki tingkat hormon leptin yang tinggi dan hormon ghrelin yang rendah sehingga nafsu makan terjaga setiap harinya.

2. Olahraga

Ada mitos yang berkata: “Olahraga malam membuat seseorang terjaga sepanjang malam”. Hal ini tidaklah benar. Faktanya, olahraga sebelum tidur berguna untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan survei dari National Sleep Foundation, orang yang lebih aktif akan memiliki 56-67 persen kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini tidak bergantung pada waktu berolahraga.

Baik olahraga yang sifatnya kardio maupun beban, keduanya merupakan cara membakar lemak sebelum tidur. Orang yang sering melakukan latihan angkat beban memiliki laju metabolisme yang tinggi dibanding yang tidak berolahraga. Jadi, jangan takut olahraga di malam hari untuk membantu diet Anda.

Artikel Lainnya: Rekomendasi Menu Diet Seminggu untuk Turunkan Berat Badan

3. Siapkan Bekal Makan Siang

Di pagi hari, Anda mungkin tidak sempat menyiapkan bekal makan siang. Alhasil, Anda cenderung membeli makanan dari restoran. Padahal, makanan restoran memiliki kalori hampir dua kali lipat dari masakan rumahan.

Oleh karena itu, cara menurunkan berat badan bisa dimulai dengan hal mudah, seperti menyiapkan bekal makan siang sebelum tidur. Selain bisa membakar kalori, menyiapkan makanan juga menjamin Anda mengonsumsi makanan sehat.

4. Minum Banyak Air Putih

Cara menurunkan berat badan lainnya adalah dengan minum banyak air putih. Minum air putih dapat membuang racun dari tubuh Anda. Air putih juga bisa membantu membuang air yang menumpuk di tubuh karena Anda akan lebih sering buang air kecil.

Selain itu, Anda juga bisa menurunkan berat badan dengan cara minum air putih sebelum makan. Ketika Anda minum air putih, tubuh Anda akan merangsang pusat kenyang sehingga mencegah Anda makan terlalu banyak.

5. Matikan Lampu Saat Tidur

Sudahkah Anda Mematikan Lampu Saat Tidur?

Tidak semua orang bisa tidur dengan kondisi ruangan yang sangat gelap. Orang-orang cenderung menyalakan lampu tidur di samping tempat tidur. Padahal, hormon melatonin dapat berkurang banyak walaupun hanya sedikit lampu yang menyala.

Hormon melatonin ini adalah hormon penting untuk membakar lemak. Faktanya, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin ketika berada di ruangan gelap.

Artikel Lainnya: Tips Membakar Kalori Lebih Banyak Meski Sedang Tidur

Studi dari University of Oxford menemukan, wanita yang tidur di ruangan sangat gelap memiliki kesempatan 21 persen lebih rendah untuk menjadi obesitas dari wanita yang tidur di ruangan terang.

6. Bercinta

Selain bisa mempererat hubungan dengan pasangan, bercinta dapat membantu membakar kalori, lho. Walaupun kalori yang terbakar saat bercinta memang tidak sebanyak ketika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di gym.

Efek bercinta terhadap pengurangan kalori tersebut sudah dibuktikan melalui penelitian dari University of Montreal. Studi tersebut menemukan, laki-laki membakar rata-rata sekitar 100 kalori, sedangkan wanita membakar 69 kalori saat bercinta selama setengah sampai satu jam.

Dalam hal ini, bercinta setara dengan olahraga intensitas sedang. Semakin lama bercinta, semakin banyak kalori yang dibakar.

7. Mandi Sebelum Tidur

Setelah beraktivitas seharian, mandi adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi rasa penat dan lelah. Jangan salah, mandi juga termasuk cara untuk menurunkan berat badan di malam hari.

Mandi sebelum tidur dapat membuat tubuh rileks sehingga membantu Anda untuk tidur dengan cepat. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh kualitas tidur yang baik.

Artikel Lainnya: Makanan Ini Ampuh Bakar Lemak dan Turunkan Berat Badan

8. Makan Malam Lebih Awal

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah menghindari makan malam terlalu larut. Saat dalam program diet, ketimbang mengurangi jatah makan kurang dari tiga kali sehari, Anda lebih baik mengatur jadwal makan.

Pasalnya, produksi insulin hormon yang mengubah gula darah menjadi energi dan lemak tidak begitu efektif di malam hari. Oleh karena itu, makan saat larut malam dalam porsi besar malah akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, lebih baik jadwalkan makan malam Anda lebih awal. Anda dapat makan sebelum jam 8 malam dengan porsi makan yang tidak berlebih.

9. Tidur dengan Suhu Dingin

Siapa sangka, ternyata udara dingin dapat menurunkan berat badan. Sebuah penelitian di Maastricht University Medical Center Belanda menemukan bahwa paparan udara dingin saat tidur dapat menurunkan berat badan.

Penelitian tersebut menemukan, partisipan yang tidur dengan suhu yang lebih rendah mengalami penurunan berat badan. Ini akibat dari peningkatan lemak cokelat—lemak yang berfungsi berfungsi membakar kalori dan memproduksi panas tubuh. Jadi, semakin banyak lemak cokelat, maka berat badan akan turun lebih banyak.

10. Minum Teh Herbal Sebelum Tidur

Saat sedang berusaha untuk terlelap, sering kali pikiran terbebani oleh banyaknya masalah yang dihadapi. Hal ini dapat memengaruhi tidur Anda di malam hari. Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu menurunkan berat badan.

Nah, mengonsumsi teh sebelum tidur dapat membantu membuat pikiran Anda menjadi rileks sehingga Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Selain karena wanginya yang menenangkan, mengonsumsi teh herbal juga bisa menurunkan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Oleh karena itu, teh herbal sangat baik dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Demikian beberapa cara menurunkan berat badan di malam hari. Aktivitas-aktivitas di atas boleh Anda coba bila Anda berencana untuk menurunkan badan. Namun, jangan lupa untuk tetap melakukan pola hidup sehat di pagi dan siang harinya, ya. Selamat mencoba!

Bila ingin konsultasi mengenai cara menurunkan berat badan yang sehat, gunakan layanan Live Chat dari KlikDokter!

[WA]

Berat BadanDietOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait