Sukses

6 Aktivitas Malam Hari yang Bisa Turunkan Berat Badan

Agar lebih mudah menurunkan berat badan, lakukan beberapa aktivitas malam hari ini berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir semua orang ingin memiliki berat badan ideal, terutama wanita. Akan tetapi untuk mendapatkannya bukan perkara mudah.

Banyak orang kesulitan menurunkan berat badan dengan alasan tak ada waktu berolahraga. Agar menurunkan berat badan menjadi lebih mudah, lakukan enam aktivitas malam hari berikut ini di sela-sela kesibukan Anda.

  1. Tidur cukup

    Tidur cukup bisa menurunkan berat badan. Menurut studi dari Annals of Internal Medicine, tidur selama 8,5 jam setiap malam akan mengikis lemak tubuh dua kali lipat dibandingkan dengan tidur hanya 5,5 jam. Hal ini bahkan tetap berlaku walau mereka membakar jumlah kalori yang sama pada siang harinya.

  2. Berolahraga

    Ada mitos yang berkata: “Olahraga malam membuat seseorang terjaga sepanjang malam”. Hal ini tidak benar.

    Berdasarkan survei dari National Sleep Foundation, orang yang lebih aktif akan memilki 56- 67% kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini tidak bergantung pada kapan waktu berolahraga.

  3. Siapkan bekal makan siang

    Makanan restoran memiliki kalori hampir dua kali lipat dari masakan rumahan. Karena itu sebaiknya siapkan bekal makan siang sebelum tidur. Selain bisa membakar kalori, menyiapkan makanan juga menjamin Anda mengonsumsi makanan sehat.

  4. Minum banyak air putih

    Minum air putih dapat membuang racun dari tubuh Anda. Air putih juga bisa membantu membuang air yang menumpuk di tubuh. Namun, agar tidur tidak terganggu, minum lah banyak air putih sejam sebelum tidur.

  5. Matikan lampu kamar tidur

    Tubuh menghasilkan hormon melatonin ketika berada di ruangan gelap. Hormon ini penting untuk membakar lemak.

    Tidur dengan ada sedikit lampu saja dapat mengurangi produksi hormon melatonin. Studi dari University of Oxford menemukan, wanita yang tidur di ruangan sangat gelap memiliki kesempatan 21% lebih rendah untuk menjadi obesitas dari wanita yang tidur di ruangan terang.

  6. Bercinta

    Selain bisa mempererat hubungan dengan pasangan, aktivitas ini dapat membantu membakar kalori. Sebuah studi dari University of Montreal menemukan, laki-laki membakar rata-rata sekitar 100 kalori dan wanita membakar 69 kalori saat bercinta selama setengah sampai satu jam. Semakin lama bercinta, semakin banyak kalori yang dibakar.

Jadi sudah jelas sekarang bahwa ada beberapa aktivitas malam hari yang bisa membantu menurunkan berat badan. Anda bisa melakukannya di sela-sela kesibukan Anda. Agar memperoleh hasil maksimal, jangan lupa juga untuk tetap menjaga pola makan.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar