Sukses

TBGraphy, Mengenal Tuberkulosis Lewat Fotografi

Dalam peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2017, Kemenkes RI bersama USAID dan KNCV menggelar pameran TBGraphy.

Klikdokter.com, Jakarta Tanggal 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia. Tahun ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama USAID dan KNCV memperingati hari tersebut dengan menyelenggarakan pameran TBGraphy di Galeri Fatahillah, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Pameran TBGraphy menampilkan foto- foto seputar kasus tuberkulosis yang ada di Indonesia. Mulai dari pengalaman penderita TB dalam melawan penyakitnya, hingga peran tenaga kesehatan dalam memberantas penyakit ini.

“Foto menyiratkan seribu kata dan bahasa tentang pentingnya pencegahan dan bahaya, serta apa tuberkulosis itu.” kata Dr. Asik Surya, MMPM., selaku Ditjen P2P Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Di kesempatan yang sama, turut hadir Duta Besar Amerika Serikat, Joseph R. Donovan Jr. Donovan menyatakan bahwa Pemerintah Amerika Serikat dan Program TB Nasional Pemerintah Indonesia mengajak organisasi sipil dan pihak swasta untuk bekerja sama dalam memberikan informasi kepada setiap penderita TB, membantu menyembuhkan, mencegah penyebaran, dan melawan penyakit mematikan ini.

Acara ditutup dengan sambutan dari Presiden RI ke-3, Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, yang pernah menderita TB saat berusia 20 tahun.

“Saya yakin di sini peran media, LSM, dan pemerintah. Kita tidak membedakan. Pokoknya kita merupakan suatu jaringan yang harus bekerja sama. Tahun 2050 kita bebas tuberkulosis. Hijau!” kata Habibie mengakhiri acara.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar