Sukses

Manfaat Tak Terduga dari Minum Air Hangat

Sebagian dari Anda mungkin lebih suka minum air hangat ketimbang air dingin. Mari, kenali manfaatnya bagi tubuh Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa orang menyukai minum air hangat dan percaya akan khasiat kesehatannya. Para penganut Ayurveda adalah salah satunya. Berikut ini tiga manfaat minum air hangat, seperti dilansir dari European Journal of Pharmaceutical and Medical Research dan berbagai sumber:

  1. Memperlancar proses pencernaan

    Air dingin diyakini menyebabkan lemak lebih mudah menggumpal dan sulit dicerna, sementara air hangat memiliki fungsi sebaliknya. Peranan air hangat ini dapat mempermudah proses pencernaan hingga proses pengeluaran zat sisa (feses).

  2. Menghilangkan rasa nyeri

    Rasa hangat yang ditimbulkan oleh air hangat dipercaya bisa membuat rileks. Karena itu, air hangat diyakini dapat mengurangi rasa nyeri akibat kram dan ketegangan otot perut secara instan. Tentu ini menguntungkan bagi Anda yang sering nyeri perut dan nyeri haid.

  3. Meredakan iritasi pada radang tenggorokan

    Saat radang tenggorokan, area belakang mulut akan terasa nyeri karena bengkak. Kondisi yang menyebabkan rasa sakit saat menelan ini akan sedikit berkurang dengan minum air hangat. Air hangat akan melancarkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan.


Masih banyak manfaat lain dari minum air hangat. Seperti membantu program diet, mencegah penuaan dini, memurnikan darah, dan lain-lain. Sayangnya, belum ada penelitian yang dapat memverifikasi klaim tersebut. Mungkin saja, di masa yang akan datang manfaat tersebut dapat dibuktikan.

Meski demikian, minum air hangat tetap bermanfaat bagi tubuh. Adakah di antara manfaat tersebut yang sedang Anda butuhkan? Silakan mencoba untuk membantu meredakan keluhan Anda.

[RS/ RH]

1 Komentar