Sukses

Manfaat Tak Terduga dari Minum Air Hangat

Rutin minum air hangat memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari untuk melancarkan peredaran darah hingga menurunkan berat badan.

Setiap orang wajib memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya per hari minimal delapan gelas. Karena dengan minum air yang cukup dapat mendukung kesehatan pencernaan, kulit, otot, serta sendi. Meskipun minum air dengan suhu berapapun tetap mendukung kesehatan, ternyata manfaat minum air hangat juga cukup beragam.

Bahkan, selama ribuan tahun orang telah banyak mengonsumsi air hangat untuk mendapatkan kebaikannya. Sebagian orang menyukai minum air hangat dan percaya akan khasiat kesehatannya. Para penganut Ayurveda adalah salah satunya. 

Di bawah ini adalah sepuluh manfaat minum air hangat untuk kesehatan.

1 dari 5 halaman

1. Memperlancar Proses Pencernaan

Air dingin diyakini menyebabkan lemak lebih mudah menggumpal dan sulit dicerna, sementara air hangat memiliki fungsi sebaliknya. Peranan air hangat ini dapat mempermudah proses pencernaan hingga proses pengeluaran zat sisa (feses).

2. Menghilangkan Rasa Nyeri

Rasa hangat yang ditimbulkan oleh air hangat dipercaya bisa membuat rileks. Karena itu, air hangat diyakini dapat mengurangi rasa nyeri akibat kram dan ketegangan otot perut secara instan. Tentu ini menguntungkan bagi Anda yang sering nyeri perut dan nyeri haid.

Artikel Lainnya: Inilah Sederet Manfaat Minum Air Hangat setelah Bangun Tidur

3. Meredakan Iritasi pada Radang Tenggorokan

Saat radang tenggorokan, area belakang mulut akan terasa nyeri karena bengkak. Kondisi yang menyebabkan rasa sakit saat menelan ini akan sedikit berkurang dengan minum air hangat. Air hangat akan melancarkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan.

2 dari 5 halaman

4. Meredakan Hidung Tersumbat

Minum air hangat saat Anda sedang flu adalah salah satu hal yang dapat melegakan pernapasan. Inilah salah satu manfaat minum air hangat, yaitu dapat meredakan hidung tersumbat. Sebab, air hangat menghasilkan uap yang dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat.

5. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf Pusat

Jika cairan yang masuk ke dalam tubuh kurang, maka akan berdampak negatif salah satunya pada sistem saraf Anda, sehingga mengganggu suasana hati dan fungsi otak. Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian, bahwa dengan mengonsumsi air yang cukup dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak orang percaya bahwa air hangat dapat mengaktifkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat mengonsumsi air hangat, suhu internal tubuh menurun dan proses metabolisme diaktifkan.

Hal ini diperkuat dengan salah satu hasil studi di PubMed, yang menyatakan bahwa beralih dari air dingin ke air panas dapat membantu orang menurunkan berat badan melalui efek termal ini.

Artikel Lainnya: 3 Manfaat Minum Air Hangat bagi Pencernaan

3 dari 5 halaman

7. Melancarkan Peredaran Darah

Pasti Anda telah mengetahui, bahwa tubuh yang sehat didukung oleh aliran darah yang sehat. Diketahui bahwa mandi dengan air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah, diharapkan bahwa minum air hangat juga memiliki efek yang sama. Walaupun masih sedikit penelitian mengenai keefektivannya.

8. Mengurangi Stres

Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat minum air hangat adalah meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal ini pastinya berkaitan juga dengan stres. Oleh karena itu, pastikan Anda terhidrasi untuk meningkatkan mood dan menghindari stres.

9. Membantu Mengurangi Racun dalam Tubuh

Minum air hangat meningkatkan suhu internal tubuh dan mengaktifkan sistem endokrin, sehingga tubuh Anda mulai berkeringat. Berkeringat membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan racun, selain dikeluarkan melalui urine.

4 dari 5 halaman

10. Membantu Meringankan Gejala Akalasia

Akalasia adalah kondisi di mana seseorang sulit untuk menelan sehingga makanan sering tersangkut di kerongkongan. Meski mekanismenya belum jelas, tapi para peneliti mendapati bahwa minum air hangat dapat membantu penderita akalasia untuk mencerna makananya dengan lebih nyaman.

Itulah beberapa manfaat minum air hangat yang bisa Anda peroleh. Meskipun masih sedikit penelitian yang mendukung, tapi mengonsumsi air hangat dinilai aman untuk tubuh. Yang terpenting, cukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tubuh tetap terhidrasi dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Jika punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter melalui  layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter

[FY]

1 Komentar