Sukses

Daftar Obat untuk Anak yang Radang Tenggorokan

Anak Anda terkena radang tenggorokan? Ini daftar obat yang sesuai untuknya.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi orang dewasa, radang tenggorokan adalah penyakit yang tergolong sederhana. Namun, lain cerita jika hal ini terjadi pada anak. Radang tenggorokan bisa membuat anak lesu dan lemas, tidak aktif bermain, serta tidak punya keinginan untuk makan.

Sebagian besar kasus radang tenggorokan pada anak disebabkan karena infeksi virus, seperti rhinovirus dan adenovirus. Namun demikian, kondisi ini juga bisa terjadi akibat infeksi bakteri.

Meski begitu, penanganan secara suportif (mendukung daya tahan tubuh) adalah kebutuhan mutlak bagi anak yang sedang terkena radang tenggorokan. Secara umum, berikut daftar obat dan keperluan lain untuk anak yang terkena radang tenggorokan:

  • Obat Antidemam

    Penderita radang tenggorokan kerap terkena demam. Agar anak nyaman dan bisa istirahat, jangan lupa berikan obat demam  seperti parasetamol atau ibuprofen. Kompres hangat pada lipatan tubuh (leher dan ketiak) juga dapat diberikan

  • Obat Antinyeri

    Rasa nyeri akibat radang bisa menyebabkan anak malas makan. Untuk menghindari hal ini, obat antinyeri dapat diberikan. Biasanya, obat demam dapat sekaligus berperan sebagai antinyeri. Namun, bila nyeri terasa berlebihan, penambahan obat nyeri lain mungkin dibutuhkan.

  • Obat Antibiotik

    Jika radang tenggorokan pada anak disebabkan oleh infeksi bakteri, maka antibiotik dapat diberikan. Namun, Anda harus menghindari pemakaian antibiotik tanpa resep dokter apa pun alasannya. Sebab, pemakaian antibiotik yang tidak tepat dapat membuat kuman kebal terhadap obat-obatan yang diberikan.

  • Cairan

    Anak-anak rentan mengalami dehidrasi, salah satunya karena tidak mau makan saat radang tenggorokan menyerang. Karenanya, pastikan asupan cairan yang masuk ke tubuh anak mencukupi. Namun, bila anak sudah sangat lemas dan menolak minum, jangan ragu untuk membawanya ke rumah sakit.

Sudah tahu ‘kan daftar obat dan keperluan yang harus diberikan untuk anak yang radang tenggorokan? Bila perlu, jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, ya. Karena, lain penyebab, lain pula obatnya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar