HomeInfo SehatPernapasan6 Alasan Pentingnya Mendapatkan Vaksin Influenza untuk Anak dan Dewasa
Pernapasan

6 Alasan Pentingnya Mendapatkan Vaksin Influenza untuk Anak dan Dewasa

Nimas Mita Etika, 13 Feb 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Walau bukan vaksin wajib, imunisasi influenza tidak boleh disepelekan. Simak manfaat dan pentingnya vaksin influenza dalam artikel berikut.

6 Alasan Pentingnya Mendapatkan Vaksin Influenza untuk Anak dan Dewasa

Banyak orang tidak menyadari pentingnya vaksin influenza untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebenarnya, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mendapatkan imunisasi influenza bisa dipahami.

Influenza tidak termasuk ke dalam vaksin wajib. Ditambah lagi, flu sering kali dianggap sebagai penyakit ringan. “Ah, hanya batuk pilek saja.”

Padahal, pada orang dengan sistem imun rendah, flu bisa jadi berat bahkan mengancam nyawa. Apalagi, membiarkan flu berlarut-larut juga meningkatkan risiko komplikasi flu.

Apa saja alasan untuk mendapatkan vaksin influenza? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Mencegah Sakit Flu

Salah satu alasan pentingnya untuk mendapatkan vaksin influenza adalah tentu saja mencegah flu.

Bisa jadi, beberapa di antara kita akan berpikir, “Toh, hanya flu saja.” Nyatanya, ceritanya akan berbeda apabila flu menyerang anak-anak, ibu hamil, dan lansia.

Sebab, tiga kelompok tersebut adalah kelompok orang yang memiliki sistem imun lebih rendah. Akibatnya, risiko untuk mengalami flu berkepanjangan dan lebih berat pun akan semakin tinggi.

CDC menyebutkan, pada saat musim flu, mereka yang menerima vaksin influenza punya risiko 40-60% lebih rendah untuk memeriksakan diri ke dokter akibat flu.

2. Mengurangi Keparahan Gejala Flu

Vaksin memang dapat mencegah flu. Tapi, bukan berarti kamu pasti tidak akan pernah mengalami flu lagi kalau sudah mendapatkan vaksin influenza.

Meski demikian, vaksin influenza tetap bermanfaat sekalipun kamu tetap terserang influenza.

Sebuah penelitian menyebutkan, mereka yang sudah mendapat vaksin flu tapi tetap terinfeksi, punya gejala flu yang lebih ringan.

Artinya, manfaat vaksin influenza juga untuk meringankan keparahan gejala yang mungkin kamu alami.

Saat gejalanya lebih ringan, proses penyembuhan juga berlangsung cenderung lebih cepat. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari risiko komplikasi flu.

3. Mencegah Komplikasi pada Orang dengan Sakit Kronis

Apabila kamu memiliki penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, atau penyakit pernapasan lain seperti asma dan PPOK, pertimbangkanlah untuk rutin mendapatkan vaksin influenza setiap tahun.

Salah satu manfaat vaksin flu secara rutin adalah terhindar dari komplikasi penyakit kronis yang mungkin terjadi.

BMC Pulmonary Medicine menyebutkan, vaksin flu diketahui dapat menurunkan risiko perburukan kondisi PPOK saat mengalami flu.

Selain itu, risiko harus rawat inap di rumah sakit juga berkurang berkat gejalanya yang tergolong tidak begitu berat.

4. Mencegah Flu saat Hamil

ibu hamil vaksin

Salah satu alasan pentingnya mendapatkan vaksin influenza saat hamil adalah untuk mencegah flu.

Mencegah tentunya akan lebih memudahkan ibu hamil untuk menjalani kehamilan yang sehat dan menyenangkan. Ibu hamil juga terhindar dari minum obat saat hamil.

Bahkan bukan hanya untuk ibu, lho. Riset yang dihimpun oleh CDC mengatakan, vaksin influenza yang diterima ibu hamil juga akan memberikan manfaat pada anak yang dilahirkannya nanti.

Vaksin flu yang didapat selama masa kehamilan diketahui bisa melindungi bayi dari flu beberapa bulan pertama kelahirannya (di bawah 6 bulan). 

5. Menjaga Kesehatan Anak

Vaksin influenza untuk anak juga tidak kalah pentingnya dibandingkan kelompok usia lain.

Seperti yang tadi sudah disinggung sedikit, anak adalah salah satu kelompok usia yang rentan mengalami flu. Sebab, sistem imunnya masih terus mengalami perkembangan.

Mendapatkan vaksin flu secara rutin setiap tahunnya diketahui menurunkan risiko infeksi flu yang mengancam nyawa hingga 75%.

Selain itu, risiko anak di bawah 17 tahun untuk dirawat ke rumah sakit atau harus mengunjungi dokter karena flu juga menurun sampai 41%.

6. Melindungi Orang Sekitar dari Flu

Beberapa orang mungkin tidak bisa menerima vaksin flu karena beberapa alasan, seperti reaksi alergi atau kondisi kesehatan tertentu.

Di sinilah, vaksin flu yang kita dapatkan dapat memberikan perlindungan juga bagi mereka. Virus flu dapat menular lewat udara ataupun droplet. Kontak dekat jadi salah satu cara penularan flu.

Saat kita mendapatkan vaksin influenza, daya tahan tubuh kita menjadi lebih kuat sehingga mampu mencegah virus flu masuk ke tubuh.

Alhasil, saat harus melakukan kontak dengan kelompok rentan, kita pun dalam kondisi sehat sehingga risiko menularkan penyakit juga jadi lebih rendah.

Artikel lainnya: Mengenal Jenis Vaksin Flu yang Cocok untuk Lansia

CDC merekomendasikan semua orang untuk mendapatkan vaksin flu. Namun, vaksinasi influenza paling direkomendasikan pada mereka yang termasuk dalam kelompok berikut:

  • Lansia berusia di atas 65 tahun
  • Anak berusia 6-12 bulan
  • Memiliki penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan PPOK
  • Merencanakan atau sedang hamil
  • Tenaga kesehatan

Vaksinasi influenza harus diulang setiap setahun sekali. Sebab, vaksin yang diberikan umumnya akan digunakan untuk melawan mutasi virus influenza yang juga terus berubah setiap tahunnya.

Mutasi ini ditandai dengan strain virus yang berbeda-beda. Virus H1N1 adalah salah satu contoh mutasi virus influenza yang mungkin kamu pernah dengar.

Ada beberapa jenis vaksin influenza yang kini tersedia. Biasanya, dalam satu dosis sudah mengandung perlindungan untuk beberapa jenis strain virus.

Memilih yang perlindungannya lebih banyak tentu akan melindungi kamu lebih banyak dari berbagai jenis mutasi virus influenza.

Salah satu jenis vaksin influenza kuadrivalen (4 strain) yang tersedia di Indonesia adalah Vaxigrip Tetra.

Vaksin dari Kalventis ini mampu memberikan perlindungan terhadap 4 jenis strain virus influenza yang memang bersirkulasi di Indonesia.

Kamu bisa menyampaikan ke petugas kesehatan untuk meminta vaksin kuadrivalen, seperti Vaxigrip Tetra, ketimbang yang trivalen jika ingin mendapatkan perlindungan yang lebih luas dari virus flu.

Sangat jarang orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin influenza. Namun, kalau kamu ragu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kamu bisa memanfaat fitur Tanya Dokter untuk berkonsultasi secara online, buat janji dengan dokter dengan fitur Temu Dokter, booking layanan vaksin influenza dan belanja sehat di KALStore.

jangan lupa untuk download aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store, solusi #JagaSehatmu.

Vaksin Fluvaksin

Konsultasi Dokter Terkait