Sukses

Memutihkan Gigi dengan Soda Kue, Aman atau Tidak?

Baking soda alias soda kue dipercaya ampuh untuk memutihkan gigi. Apakah aman? Bagaimana cara memutihkan gigi dengan soda kue? Ini penjelasannya!

Gigi yang putih dan bersih bak mutiara dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkannya. Salah satu yang banyak dipilih adalah dengan menggunakan soda kue. Namun, apakah cara memutihkan gigi dengan soda kue aman?

Amankah Memutihkan Gigi dengan Soda Kue?

Soda kue atau baking soda atau dapat disebut juga sodium bikarbonat adalah bahan dapur yang biasanya digunakan untuk mengembangkan adonan kue. Namun rupanya, tak hanya itu, ada pula manfaat baking untuk gigi Anda.

Soda kue secara biologis bersifat kompatibel dan dianggap aman sebagai bahan dalam pasta gigi. Ini merupakan bahan abrasif ringan yang dapat membantu dalam menghilangkan noda pada permukaan gigi dan membuat gigi tampak lebih putih.

Sebuah studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda kuning pada gigi daripada pasta gigi standar tanpa baking soda.

Selain itu, kandungan ini juga menciptakan lingkungan alkali di dalam rongga mulut yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan mencegah terjadinya karies pada gigi. Namun, penggunaan yang berlebihan justru bisa berbahaya bagi lapisan enamel gigi karena sifatnya yang kasar.

Oleh karena itu, hindari cara memutihkan gigi dengan baking soda secara terus-menerus. Sebab, bahan ini tidak mengandung fluoride yang dapat membuat gigi kuat.

Artikel Lainnya: 7 Fakta Memutihkan Gigi yang Perlu Anda Tahu

1 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Menggunakan Soda Kue untuk Gigi?

Untuk memutihkan gigi dengan soda kue, Anda dapat menggunakan takaran 1 sendok teh soda kue dan 2 sendok teh air putih. Aduk campuran tersebut hingga membentuk pasta. Lalu, ambil pasta ini pada sikat gigi Anda dan oleskan ke seluruh gigi. Biarkan campuran ini bekerja pada gigi kurang lebih satu menit. Jika sudah selesai, bilas mulut dengan air bersih.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghilangkan plak serta menghindari kerusakan gigi atau gigi berlubang. Campurkan setengah sendok teh soda kue dan 1 sendok teh pasta gigi.

Gunakan campuran ini untuk menyikat gigi Anda. Selanjutnya, bilas kembali mulut dengan air bersih. Lakukan penyikatan dengan tambahan soda kue ini hanya sekali dalam seminggu untuk menghindari kerusakan lapisan enamel yang dapat terjadi.

Artikel Lainnya: Sebelum Memutihkan Gigi, Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

2 dari 3 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakannya

Jika Anda berencana memutihkan gigi dengan soda kue? Sebelum melakukannya, Anda perlu mewaspadai kemungkinan efek samping yang dapat timbul. Menggunakan soda kue untuk memutihkan gigi secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada enamel yang melapisi gigi Anda. Lama-kelamaan, kondisi ini dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Selama proses pemutihan gigi dengan soda kue, jangan menyikat gusi karena dapat menyebabkan iritasi dan pendarahan. Konsultasikan pula dengan dokter gigi terlebih dahulu sebelum melakukan metode ini, terutama Anda yang memiliki penyakit gusi atau periodontal.

Selain itu, bagi Anda yang sedang melakukan perawatan orthodontik atau menggunakan behel maupun kawat gigi, sebaiknya hindari menyikatnya dengan soda kue. Hal ini ini dapat memengaruhi integritas dan kemajuan dari proses perawatan orthodontik.

Memutihkan gigi dengan soda kue memang dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika tujuan Anda adalah menghilangkan noda yang lebih dalam, soda kue tidak akan seefektif itu.

Ada baiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk mengetahui perawatan yang tepat agar kerusakan gigi dapat dicegah. Yuk, dapatkan informasi seputar kesehatan gigi dan mulut lainnya hanya di aplikasi KlikDokter!

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar