Sukses

Memutihkan Gigi dengan Soda Kue, Aman atau Tidak?

Apakah benar bisa memutihkan gigi dengan soda kue?

Klikdokter.com, Jakarta Kini informasi tentang memutihkan gigi dengan cara instan banyak beredar di internet. Ada yang mengungkapkan bahwa memutihkan gigi bisa menggunakan soda kue, cuka, atau buah stroberi. Apakah semua informasi itu benar?

Soda kue atau baking soda biasanya digunakan untuk mengembangkan adonan kue. Sebenarnya soda kue sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama gigi. Soda kue atau sodium bicarbonate sudah terkandung di dalam pasta gigi yang banyak beredar di pasaran.

Menurut penelitian dalam jurnal Clinical of Dentistry, menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung soda kue lebih baik dalam menghilangkan plak gigi, dibandingkan dengan pasta gigi soda kue. Selain itu, pasta gigi tersebut terbukti menghilangkan noda dan memutihkan gigi.

Lantas bagaimana dengan informasi tentang memutihkan gigi menggunakan campuran soda kue dan buah stroberi? Prof. So Ran Kwon dari Universitas Iowa, Amerika Serikat, membuktikan bahwa campuran tersebut tidak dapat memutihkan gigi.

Campuran yang terkesan alami itu hanya dapat membersihkan permukaan gigi sampai ke lapisan dalam, sehingga gigi tampak lebih putuh. Efek putih ini dapat bertahan lebih lama. Menurut American Dental Association, soda kue dan buah stroberi tidak mengandung bahan utama yang diperlukan untuk memutihkan gigi.

Fakta lain yang masih terkait soda kue, yakni permen karet yang mengandung soda kue dapat menghilangkan noda gigi. Penelitian oleh Compendium of Continuing Education in Dentistry membuktikan, mengunyah permen karet yang mengandung soda kue selama 20 menit sebanyak dua kali sehari dalam empat minggu dapat menghilangkan noda gigi sebesar 30 persen.

Bahan soda kue ternyata memang lebih bermanfaat bila dicampurkan di dalam bentuk lain. Akan tetapi, hindari penggunaan soda kue tanpa dasar yang jelas, sebab pada beberapa kasus ditemukan keadaan mulut dengan sensasi terbakar setelah menggunakan campuran tersebut.

Bila ingin memutihkan gigi sendiri di rumah, sebaikan diskusikan terlebih dahulu dengan dokter gigi. Perhatikan pula kondisi gigi yang sensitif, kelainan gusi, serta menggunakan kawat gigi atau gigi palsu untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

(BA)

0 Komentar

Belum ada komentar