Kesehatan Anak

15 Makanan Tinggi Protein yang Penting untuk Anak

dr. Reza Fahlevi, 14 Jul 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Protein penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Ketahui makanan apa saja yang mengandung tinggi protein lewat artikel berikut.

15 Makanan Tinggi Protein yang Penting untuk Anak

Protein merupakan salah satu komponen makronutrien yang sangat penting untuk anak. Protein memiliki berbagai fungsi terhadap pertumbuhan anak, antara lain membantu pembentukan dan regenerasi sel serta membentuk berbagai enzim dan hormon.

Sayangnya, pola makan masyarakat Indonesia saat ini adalah pola makan yang tinggi karbohidrat, tetapi rendah protein.

Nah, itulah mengapa para orang tua perlu mengetahui pilihan makanan yang mengandung protein tinggi untuk anak. Simak daftarnya di bawah ini.

 

1. Daging Sapi

Daging sapi mengandung kadar protein yang tinggi, yaitu 26,7 gram per 100 gram.

Selain kaya protein, daging sapi juga tinggi zat besi sehingga sangat penting diberikan kepada anak.

2. Daging Kambing

Selain daging sapi, daging kambing juga termasuk makanan tinggi protein yang baik untuk anak. Dalam 100 gram daging kambing terdapat 20,4 gram protein.

Jadi, jangan hanya saat Hari Raya Kurban, orang tua juga boleh memberikan daging kambing kepada anak dalam menu sehari-hari.

Artikel Lainnya: Amankah Anak Makan Ikan Setiap Hari?

3. Daging Ayam

Daging ayam merupakan sumber protein untuk anak yang mudah didapatkan di Indonesia. Selain memiliki rasa yang lezat, daging ayam juga mengandung protein yang tinggi.

Terdapat 23,1 gram protein dalam 100 gram daging ayam. Sebagai orang tua, kamu dapat memilih daging ayam ras maupun ayam kampung.

4. Daging Unggas Lainny

Daging unggas lainnya juga dapat menjadi alternatif sumber protein untuk anak.

Sebagai contoh, daging bebek atau daging burung dara. Dalam 100 gram daging bebek terkandung 24,6 gram protein.

5. Hati Ayam

Hati ayam adalah sumber protein primadona, terutama dalam masa MPASI si Kecil. Dalam 100 gram hati ayam terdapat 24,3 gram protein

Selain cocok menjadi pilihan makanan berprotein untuk anak, hati ayam juga kaya akan zat besi.

6. Ikan

Berbagai jenis ikan, baik ikan tawar maupun ikan laut, juga mengandung kadar protein yang tinggi. Sebagai contoh, dalam 100 gram ikan-ikan berikut terkandung sejumlah protein di dalamnya:

  • Tuna: 23,6 gram.
  • Kembung: 19,3 gram.
  • Salmon 21,3 gram.

Ikan juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang amat baik untuk perkembangan otak anak.

Artikel Lainnya: Pastikan Anak Stunting Mendapatkan 5 Nutrisi Ini Setiap Hari

7. Seafood

Tak hanya ikan, berbagai jenis seafood lain juga baik diberikan kepada anak sebagai sumber protein. Salah satunya udang. Dalam 100 gram udang terdapat 20,3 gram protein.

Seafood lain seperti cumi, kepiting, dan kerang juga mengandung kadar protein yang tinggi.

8. Telur Ayam

Telur merupakan sumber protein yang mudah diperoleh di mana saja. Walaupun harganya murah, telur ayam juga mengandung kadar protein yang tinggi, yaitu 13 gram dalam 100 gramnya.

Bukan hanya telur ayam, ragam telur lain seperti telur bebek dan telur puyuh juga dapat menjadi sumber protein dalam makanan sehari-hari si Kecil.

9. Susu

Jangan hanya mengandalkan makanan. Minuman seperti susu juga bisa menjadi sumber protein untuk anak. Perlu diketahui, dalam 100 gram/100 cc susu terdapat 3,4 gram protein.

Kandungan nutrisi penting dalam susu lainnya, seperti lemak, karbohidrat, kalsium, dan vitamin D, tak kalah penting untuk menunjang pertumbuhan si Kecil.

10. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti keju dan yoghurt juga tinggi protein. Sebanyak 100 gram keju parmesan, sebagai contoh, mengandung 35,8 gram protein. Sementara itu, dalam 100 gram yoghurt terkandung 17,8 gram protein.

Artikel Lainnya: Kapan Anak Boleh Minum Susu UHT?

11. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe terbuat dari kacang kedelai yang mengandung kadar protein nabati yang tinggi. Dalam 100 gram tahu/tempe terdapat 19 gram protein.

Makanan ini pun lebih murah bila dibandingkan dengan sumber protein hewani. Oleh karena itu, tempe atau tahu bisa menjadi alternatif selingan sumber protein dalam makanan sehari-hari si Kecil.

12. Edamame

Edamame merupakan makanan protein nabati yang bagus untuk anak. Dalam 100 gram edamame terdapat sekitar 11 gram protein.

13. Kacang Tanah

Sumber protein nabati lainnya yang mudah didapatkan di Indonesia adalah kacang tanah. Kacang tanah dapat dibuat dalam berbagai bentuk olahan, mulai dari ditambahkan sebagai bumbu masakan, dibuat kue, maupun sebagai camilan. Terdapat 26 gram protein dalam 100 gram kacang tanah.

14. Kacang Merah

Kacang merah merupakan sumber protein nabati yang baik untuk anak. Kacang merah dapat ditambahkan dalam masakan, kue, hingga minuman.

Selain rasanya yang enak, kacang merah juga mengandung kadar protein yang tinggi, yaitu 24 gram dalam 100 gram kacang merah.

15. Kacang Hijau

Terakhir, sumber protein hewani yang juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah kacang hijau. Jenis kacang ini kerap diolah menjadi bubur.

Kacang hijau menyimpan kadar protein yang tinggi, yaitu 24 gram dalam 100 gramnya.

Nah, kini kamu telah mengetahui ragam makanan sehari-hari yang mengandung tinggi protein. Untuk menunjang tumbuh kembang anak, variasikan menu makanan hariannya dengan pilihan makanan yang mengandung protein di atas.

Bila si Kecil memiliki alergi, konsultasikan kepada dokter seputar pilihan makanan tinggi protein yang cocok. Kanu dapat berkonsultasi soal masalah kesehatan si kecil dengan menggunakan fitur Tanya Doker di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Tumbuh Kembang Anakprotein

Konsultasi Dokter Terkait