Sukses

PRIMA, Aplikasi Dari IDAI Untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak

Untuk membantu orangtua pantau tumbuh kembang anak, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyediakan aplikasi PRIMA.

Klikdokter.com, Jakarta Indonesia menempati peringkat kelima di dunia dalam hal jumlah balita terbanyak yang memiliki perawakan pendek (stunting). Hal ini sangat memprihatinkan. Pasalnya, usia bayi dan balita harusnya menjadi usia emas tumbuh kembang anak.

Karena keprihatinan itulah, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) berupaya membantu orangtua untuk memastikan tumbuh kembang anak optimal dengan menyediakan aplikasi Program Ikatan Dokter Anak Indonesia untuk Membangun Anak Indonesia, atau sering disebut aplikasi PRIMA IDAI. Demikian diungkapkan oleh dr. Bernie Medise, SpA(K), MKes dalam acara Seminar Sehari “All About Vaccination” yang diadakan Minggu, 2 April 2017 lalu.

Aplikasi ini awalnya dibuat untuk dokter spesialis anak. Kemudian tepat pada hari anak nasional tahun 2016 lalu, diluncurkan pula aplikasi PRIMA IDAI untuk orangtua. Di dalam aplikasi ini, hal yang bisa digunakan oleh orangtua adalah:

  1. Jadwal imunisasi

    Selain bisa melihat tabel jadwal imunisasi sesuai rekomendasi IDAI, orangtua juga bisa menyimpan data imunisasi apa saja yang sudah didapatkan oleh sang buah hati.

  2. Grafik pertumbuhan WHO dan CDC

    Melalui grafik ini, orangtua dapat mengetahui bagaimana gizi anak, apakah sudah baik, kurang, atau malah kelebihan gizi.

  3. Tahap perkembangan anak

    Apa yang seharusnya bisa dilakukan bayi usia 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, dan lainnya ada di dalam aplikasi ini. Selain itu, ada pula informasi stimulasi apa yang sebaiknya diberikan orangtua agar tumbuh kembang anak optimal.

  4. Skrining keterlambatan perkembangan anak

    Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) yang ada di dalamnya bisa digunakan untuk membantu orangtua melihat apakah ada kemungkinan buah hatinya mengalami keterlambatan perkembangan.

Aplikasi ini dapat diunduh di play store bagi pengguna android atau app store bagi pengguna iphone secara gratis.

Tak hanya bagi balita, aplikasi ini dapat digunakan untuk anak hingga usia 18 tahun. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan pengetahuan orangtua mengenai tumbuh kembang anak dan dapat memperlengkapi orangtua saat melakukan kunjungan ke dokter anak. Demikian tutur dr. Bernie, konsultan tumbuh kembang anak dari Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo.

Jadi untuk membantu memantau tumbuh kembang anak, orangtua bisa memanfaatkan aplikasi PRIMA IDAI ya.

0 Komentar

Belum ada komentar