Sukses

Berapa Lama Waktu Bermain untuk Anak?

Tahukah Anda, waktu bermain yang tepat pada anak usia batita dapat membantu tumbuh kembangnya.

Klikdokter.com, Jakarta Memasuki usia batita (bawah tiga tahun), anak sebaiknya tidak berdiam diri tanpa aktivitas lebih dari satu jam terkecuali saat sedang tidur. Ia diharuskan aktif bermain mengeksplorasi hal baru sekaligus mengasah kemampuan yang dimilikinya.

Meski demikian, terkadang orangtua tidak mengetahui idealnya waktu bermain yang dibutuhkan batita.

Menurut National Association for Sports and Physical Education (NASPE) lama aktivitas fisik per hari yang dibutuhkan oleh batita usia 12-36 bulan setidaknya 90 menit. 30 menit di antaranya digunakan untuk aktivitas fisik dengan arahan orangtua atau aktivitas fisik terstruktur dan 60 menit untuk bermain bebas atau aktivitas fisik yang tidak terstruktur.

Waktu tersebut, dapat dibagi-bagi dalam sehari dan sebaiknya aktivitas fisik dilakukan di dalam dan luar ruangan. Aktivitas yang dapat dilakukan mulai dari aktivitas fisik ringan seperti berdiri, berjalan, merangkak, hingga berguling dan bermain hingga kegiatan yang lebih energetik seperti melompat, berlari, bermain bola, bersepeda, berenang dan memanjat.

Aktivitas fisik berhubungan dengan meningkatkan harapan hidup dan menurunkan risiko banyak penyakit seperti penyakit jantung saat dewasa. Secara keseluruhan, ativitas fisik bermanfaat bukan hanya membangun otot dan tulang yang kuat namun juga bermanfaat pada psikologis dan kemampuan sosial si kecil.

Ingat! Bermain sambil belajar pada batita merupakan hal yang alami sehingga buatlah suasana yang menyenangkan. Berilah semangat dan kesempatan bagi si anak usia batita untuk melatih kemampuan fisiknya tentunya dengan pengawasan dari orangtua.

(DA/MFW)

0 Komentar

Belum ada komentar