Sukses

Sederet Fakta di Balik Mengigau Saat Tidur

Ternyata, mengigau tidak hanya disebabkan oleh mimpi buruk semata. Ini fakta medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda kerap mengigau saat tidur? Mungkin ya, mungkin juga tidak. Sebab, Anda tidak tahu pasti karena ini terjadi tanpa disadari. Tapi sebenarnya, apa sih penyebab di balik terjadinya hal ini?

Secara sederhana, mengigau dapat diartikan sebagai berbicara yang dilakukan secara tidak sadar di saat tidur. Biasanya, igauan itu sendiri bervariasi. Mulai dari sekadar meracau, hingga berdialog tidak jelas.

Mengigau dibagi menjadi 3 jenis, yaitu ringan, sedang dan berat. Dikatakan ringan apabila kejadiannya hanya 1 kali dalam seminggu, sedang lebih dari 1 kali, dan berat apabila terjadi setiap hari.

Di antara semuanya, anak-anak adalah golongan usia yang paling sering mengigau. Kemudian, seiring usia, kejadian ini akan semakin berkurang. Jika ini baru muncul saat sesorang berusia di atas 25 tahun, maka mengigau bisa dikaitkan dengan gangguan kejiwaan pada orang tersebut.

Terkait penyebabnya, beberapa hal yang diduga dapat menjadi pemicunya adalah kurang tidur, efek alkohol, efek samping obat-obatan, demam, stres, kecemasan, dan depresi. Begitu pula dengan mimpi. Di samping itu, mengigau pun kerap disandingkan dengan gangguan tidur, misalnya sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur).

Jika Anda tidak sengaja menemukan seseorang yang mengigau saat tidur, simak baik-baik apa yang dibicarakannya. Dengan begitu, Anda dapat berbagi cerita lucu tentang apa yang dilakukannya semalam.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar