Sukses

Kapan Anak Boleh Mulai Pakai Sunblock?

Saat anak bermain di ruang terbuka, perlukah ia menggunakan sunblock untuk melindungi kulitnya dari terik matahari?

Klikdokter.com, Jakarta Teriknya matahari membuat orangtua khawatir bila anak berlama-lama bermain di bawah sinarnya. Karena itu, tidak sedikit orangtua yang memilih sunblock sebagai pelindung kulit anak. Namun, amankah tindakan ini?

Perlu diketahui, sunblock atau tabir surya merupakan zat yang digunakan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari. Secara umum, sunblock direkomendasikan untuk digunakan bila seseorang berada di luar ruangan pada pukul 10-16, agar terlindung dari risiko kanker kulit akibat sinar ultraviolet.

Bagaimana dengan penggunaannya pada anak? American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa sunblock boleh digunakan oleh anak usia 6 bulan atau lebih.

Ini karena anak juga butuh perlindungan untuk kulitnya. Pasalnya, kulit anak lebih tipis dari kulit orang dewasa, sehingga lebih rentan terbakar oleh sinar matahari.

Sunblock itu sendiri memiliki SPF yang berbeda-beda. SPF menggambarkan potensi tabir surya dalam melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Semakin tinggi SPF, semakin tinggi perlindungannya.

Terkait itu, American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa sunblock yang sesuai untuk anak usia 6 bulan ke atas adalah yang mengandung SPF 15 atau lebih.

Di samping itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah sunblock harus dioleskan setiap dua jam sekali, selama anak masih terpapar sinar matahari.

Namun perlu Anda ingat, hal di atas hanya berlaku untuk anak usia 6 bulan ke atas. Sebab, penggunaan sunblock pada anak usia di bawah itu belum terbukti bermanfaat.

Oleh karena itu, anak usia 6 bulan ke bawah sebaiknya hanya menggunakan baju lengan panjang, celana panjang, dan topi saja bila harus berada di tempat yang terpapar sinar matahari pada pukul 10-16.

Jadi, bila anak kerap beraktivitas di bawah sinar matahari, jangan ragu untuk memberikannya sunblock atau tabir surya SPF 15 atau lebih, ya. Dengan catatan, usia anak Anda sudah menginjak 6 bulan atau lebih.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar