Seks

Ini Manfaat dan Kerugian Masturbasi

dr. Atika, 04 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pro dan kontra seputar masturbasi terus bergulir dan menjadi pertanyaan banyak orang.

Ini Manfaat dan Kerugian Masturbasi

Masturbasi tentu bukan hal yang asing lagi. Walau demikian, sebagian orang belum mengetahui manfaat serta kerugian yang didapat dari aktivitas tersebut.

Ada banyak keuntungan yang diperoleh dari masturbasi. Ketika masturbasi, terjadi pelepasan hormon dopamin, endorfin, dan oksitosin yang memberikan perasaan rileks. Anda pun akan merasa puas dan lega setelahnya. Selain itu, ejakulasi rutin disebutkan dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Namun, masturbasi juga dapat menimbulkan serangkaian kerugian. Misalnya, iritasi kulit permukaan penis dan risiko kerusakan organ penis akibat penggunaan alat bantu yang berbahaya.

Beberapa kasus yang pernah ditemukan adalah penis 'tersangkut' pada benda seperti botol dan patah penis akibat memaksakan membengkokkan penis. Di samping itu, masturbasi diyakini berperan penting dalam perkembangan parafilia.

Menurut American Psychiatric Association, parafilia adalah kumpulan dorongan dan gangguan seksual yang menyimpang, intens, dan muncul berulang kali. Contohnya pedofilia, eksibionisme, masokisme, dan sebagainya.

Bagaimana kaitan antara parafilia dan masturbasi? Studi menyebutkan, penderita parafilia sering kali kesulitan untuk memperoleh aktivitas seks sesuai keinginannya. Berfantasi lewat masturbasi menjadi satu-satunya jalan bagi mereka.

Akhirnya, hasrat 'menyimpang' itu terus-menerus terpelihara lewat masturbasi. Tentu ini sebuah kerugian, bukan?

Kerugian lain dari masturbasi adalah mengalami rasa malu, rasa bersalah, depresi, risiko kecanduan masturbasi, serta risiko kerusakan hubungan dengan pasangan (karena kepuasan seksual yang diperoleh dari pasangan tidak mampu menyamai masturbasi).

Demikianlah pembahasan seputar manfaat dan kerugian masturbasi. Untuk menentukan apakah sebaiknya melanjutkan aktivitas tersebut atau tidak, keputusannya ada di tangan Anda.

[RS]

SeksualOrgasmeMasturbasi

Konsultasi Dokter Terkait