Sukses

Jurus Jitu Menangkal Serangan Bakteri Superbugs

Bakteri superbugs adalah bakteri yang menjadi kebal terhadap sebagian besar antibiotik.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya manusia, kuman pun dapat berevolusi menjadi lebih kuat. Kuman bisa menjadi kebal terhadap antibiotik, sehingga sulit disembuhkan. Dalam istilah kedokteran, kuman ini disebut superbugs.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kuman berevolusi menjadi superbugs, salah satunya yaitu penggunaan antibiotik yang tidak selesai. “Kuman awalnya sensitif terhadap semua jenis antibiotik.

Kemudian dengan penggunaan antibiotik yang kurang tepat, kuman menjadi kebal. Misalnya, penggunaan antibiotik yang tidak selesai, kuman malah tidak mati dan belajar dari apa yang kita berikan, sehingga dia kebal,” ujar dokter spesialis anak, DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K).

Ariani menambahkan, keadaan kuman yang semakin kuat juga disebabkan tingkat populasi dan migrasi manusia yang tinggi. Selain itu, tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit karena polusi dan gaya hidup yang tidak sehat.

Karena itu, kebiasaan hidup sehat seperti makan makanan gizi seimbang, istirahat cukup, dan olahraga teratur sangat penting diterapkan. Kebiasaan cuci tangan pakai sabun juga sangat diperlukan untuk mencegah tubuh tertular infeksi kuman penyebab penyakit.

Sejalan dengan itu, beberapa waktu lalu, Lifebuoy memperkenalkan inovasi terbaru, yaitu Lifebuoy ActivSilver Formula. Lifebuoy ActivSilver Formula mampu memberikan perlindungan tubuh dari kuman yang berevolusi menjadi semakin kuat.

“Ilmuwan Lifebuoy berhasil menggunakan teknologi ini untuk menghadirkan ActivSilver Formula yang dapat membantu meningkatkan efektifitas dalam melindungi tubuh dari kuman penyebab masalah kesehatan. Lifebuoy dengan ActivSilver Formula telah teruji efektif terhadap berbagai jenis kuman, termasuk kuman yang lebih kuat,” kata Evan Rickyanto, Senior Brand Manager Lifebuoy PT Unilever Indonesia Tbk.

Silver sendiri telah lama dikenal sebagai antibakteri yang efektif serta banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah penggunaan silver pada alat kesehatan yang terbukti dapat mencegah bakteri menempel hingga 99%. Demikian pula penggunaan pada salep luka dan perban yang dapat membantu mengurangi berkembangnya bakteri pada luka.

Yuk, terapkan pola hidup sehat sekaligus kebiasaan mencuci tangan pakai sabun agar terhindari dari bakteri superbugs. Kalau sudah terserang, bakteri superbugs akan sulit sekali disembuhkan.

(BA)

0 Komentar

Belum ada komentar