Sukses

Keseringan Minum Kopi Bahaya untuk Gigi

Minum kopi memang nikmat dan bikin semangat. Tapi jika keseringan, gigi Anda bisa terkena dampaknya!

Klikdokter.com, Jakarta Banyak penelitian menunjukkan manfaat kopi bagi kesehatan. Namun, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan.

Kopi dapat menyebabkan gigi Anda berubah warna. Hal ini dikarenakan zat warna yang terkandung dalam kopi dapat terserap ke permukaan gigi. Akibatnya, gigi akan tampak lebih kuning.

Hal yang buruk juga bisa terjadi pada tambalan dan gigi tiruan Anda. Selain lebih cepat berubah warna, kekasaran permukaannya pun akan meningkat.

Di samping itu, kopi kerap dituduh menyebabkan gigi rentan berlubang. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena bergantung dari jenis kopi yang sering Anda minum.

Jika Anda sering mengonsumsi coffee blend, maka risiko gigi berlubang bisa terjadi. Coffee blend ini dibuat dengan cara mencampur kopi dengan sirop perisa dan pemanis buatan.

Bahan- bahan tambahan tersebut kaya akan sukrosa dan fruktosa. Bila dikonsumsi dengan frekuensi tinggi, akan membuat gigi rentan berlubang.

Sementara itu, studi yang dilakukan oleh universitas di Italia menemukan bahwa roasted bean (biji kopi yang telah disangrai) dapat mencegah gigi berlubang.

Hal itu tidaklah mengherankan, karena kopi mengandung senyawa- senyawa kimia kompleks di dalamnya. Termasuk senyawa yang mampu menghalangi perlekatan Streptococcus mutan bakteri penyebab gigi berlubang ke permukaan gigi.

Kopi juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, tetapi ini bergantung dari tingkatan sangrai biji kopi. Aktivitas antioksidan pada kopi medium roast jauh lebih tinggi daripada light roast atau dark roast.

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi kopi harus dibatasi dalam jumlah wajar. Selain itu, agar gigi tetap sehat, hindari pemakaian gula atau krimer yang terlalu banyak. Dan tentunya, jagalah selalu kebersihan gigi dan mulut Anda.

Dengan demikian, minum kopi akan lebih memberikan manfaat ketimbang mudaratnya!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar