Sukses

6 Perawatan Gigi yang Tak Boleh Dilewatkan

Letaknya yang tersembunyi membuat gigi jarang mendapatkan perawatan rutin.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah mengalami gigi berlubang? Bagaimana rasanya? Benar. Gigi berlubang membuat makan menjadi tak nikmat, beraktivitas pun tak semangat.

Letaknya yang tersembunyi membuat gigi jarang mendapatkan perawatan rutin. Padahal gigi adalah salah satu organ penting yang berperan dalam mencerna makanan.

Karena itu, Anda perlu merawat gigi dengan rajin untuk menghindari sakit gigi. Ada beberapa perawatan gigi yang tak boleh dilewatkan, antara lain:

  1. Menyikat gigi setiap hari, minimal dua kali sehari.

    Menurut American Dental Association, menyikat gigi paling baik dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Menyikat gigi di malam hari penting untuk mencegah kuman berkembang biak pada sisa-sisa makanan yang masih menempel. Plak gigi yang menempel 1x24 jam masih bisa dibersihkan dengan menyikat gigi.

  2. Merawat sikat gigi.

    Masih dari sumber yang sama, disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Hal ini penting, sebab bulu sikat yang sudah mekar dan rusak tidak efektif untuk membersihkan gigi.

  3. Meletakkan sikat gigi dengan posisi berdiri.

    Jangan lupa untuk selalu meletakkan sikat gigi dengan posisi berdiri agar bulunya selalu kering.

  4. Menyikat gigi menggunakan pasta.

    Pasta gigi yang mengandung fluoride terbukti dapat melindungi gigi dari serangan asam hasil produk olahan kuman yang dapat membuat gigi keropos.

  5. Perawatan pit dan fissure sealant.

    Pit dan fissure sealant adalah perawatan gigi yang melapisi permukaan gigi belum berlubang dengan menggunakan bahan tambalan yang melepas fluor. Beberapa penelitian menunjukan, perawatan ini lebih efektif dibanding pemberian fluor dengan pengolesan setiap enam bulan sekali. Perawatan ini paling baik untuk mencegah kerusakan pada permukaan gigi geraham.

  6. Rutin membersihkan karang gigi.

    Perawatan ini bermanfaat untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Membersihkan karang gigi idealnya dilakukan setiap enam bulan sekali. Jika sudah melakukan perawatan ini, gigi akan bebas dari masalah selama enam bulan. Perawatan ini biasanya memakan waktu 30-45 menit. Agar waktunya menjadi lebih singkat, dianjurkan untuk menyikat gigi terlebih dahulu.

Bila ingin mendapatkan gigi bersih dan sehat, perawatan gigi di atas tidak boleh dilewatkan. Bagi Anda yang masih memiliki gigi berlubang atau sisa akar, maka perlu dilakukan perawatan tambal, pembukaan saluran akar, atau cabut gigi terlebih dahulu.

(BA/MFW)

0 Komentar

Belum ada komentar