Sukses

Tomat yang Dimasak vs. Tomat Mentah, Mana yang Lebih Sehat?

Apakah khasiat tomat yang dimasak dengan tomat mentah berbeda?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang lebih suka mengonsumsi tomat mentah-mentah. Ada pula yang merasa lebih aman jika memasaknya terlebih dulu. Sebenarnya, lebih sehat tomat yang sudah dimasak atau mentah?

Menurut penelitian yang dimuat dalam Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention, mengonsumsi tomat yang sudah dimasak dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria sebanyak 19%.

Bandingkan dengan pria yang mengonsumsi tomat mentah. Risiko kanker prostat hanya menurun sebesar 11%.

Di samping itu, proses pemanasan tomat selama 15 menit dapat meningkatkan kadar likopen sebanyak 170%. Hal ini disebabkan karena saat dimasak, kadar air dari tomat akan berkurang. Semakin rendah kadar air, maka konsentrasi likopen akan semakin meningkat.

Likopen merupakan zat yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen terbukti efektif sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit lainnya.

Namun, tomat yang dimakan mentah bukan berarti tidak bernutrisi. Misalnya, kandungan vitamin C-nya akan lebih optimal bila dimakan secara mentah. Selain itu, konsumsi tomat mentah diyakini dapat mengurangi kadar kolesterol ‘jahat’.

Bagaimanapun cara memasaknya, tomat tetap memberikan manfaat yang sangat baik. Ayo, makan tomat satu kali dalam sehari agar tubuh selalu fit!

[RS/MFW]

1 Komentar