Sukses

6 Manfaat Dibalik Minum Air Putih

Minum air putih memang terkesan sederhana, tapi sangat besar manfaatnya bagi tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Minuman apa yang terlintas pertama kali dalam benak Anda ketika merasa haus? Kami yakin ssebagain besar dari Anda akan menjawab air putih. Wajar saja, sebab air putih dianggap oleh sebagian besar orang sebagai representasi cairan yang merupakan asupan penting bagi tubuh.

Air menyusun 75% berat tubuh pada bayi, dan 55% pada orangtua. Hingga komponen terkecil tubuh yaitu sel, membutuhkan air dalam jumlah yang seimbang untuk dapat berfungsi secara baik.

Tapi, sebenarnya ada banyak manfaat air putih bagi tubuh manusia selain dari menghilangkan dahaga. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Memertahankan organ-organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik

    Dalam kondisi dehidrasi berat, aliran darah ke seluruh organ akan menurun. Bila terjadi di otak akan menyebabkan lemah hingga hilang kesadaran.

    Organ ginjal juga sangat sensitif terhadap penurunan aliran darah. Fungsi ginjal akan terganggu, bila sangat berat bahkan tidak mampu memproduksi kencing (anuria).

  2. Mencegah penyakit batu ginjal

    Ginjal adalah organ untuk menyaring zat-zat tidak berguna dari darah, untuk membuangnya lewat urin. Batu ginjal terbentuk akibat tingginya konsentrasi zat-zat yang kelarutannya rendah, seperti kalsium dan oksalat.

    Keduanya merupakan bahan tersering yang membentuk batu ginjal di dalam urine. Untuk mencegah hal ini minumlah air dengan cukup agar konsentrasi bahan-bahan ini tidak tinggi di urine dan batu ginjal tidak terbentuk.

  3. Mencegah infeksi saluran kencing

    Infeksi saluran kencing menyebabkan gejala sering kencing, kencing tidak tuntas, kencing terputus-putus, nyeri saat kencing, dan nyeri perut bawah. Semua gejala yang sangat tidak nyaman ini dapat muncul karena Anda malas minum.

    Studi menyebutkan bahwa wanita lebih rentan mengalami infeksi saluran kencing yang berkaitan dengan kurangnya kecukupan cairan.

  4. Memeroleh kulit yang indah

    Minum air yang cukup adalah salah satu kunci memiliki kulit indah. Dengan asupan air yang memadai, kulit akan terlihat lembab dan bebas iritasi (mencegah gejala kulit kemerahan, kering, gatal, rasa kulit tertarik dan tegang). Hidrasi kulit yang baik akan memudahkan Anda mencapai kulit yang cantik.

  5. Memerbaiki performa kognitif Anda

    Promosi produk minuman yang dikaitkan dengan tampilan orang kebingungan bukanlah isapan jempol. Air putih diketahui berperan besar dalam kemampuan kognitif seseorang.

    Banyak penelitian telah membuktikan efek negatif dehidrasi berupa gangguan memori dan daya ingat, perhatian (atensi), serta fungsi visuospasial. Jangan heran bila saat kehausan, Anda merasa sulit berpikir jernih.

  6. Berpengaruh baik terhadap faktor psikologis

    Studi juga memberikan bukti bahwa air putih mempengaruhi aspek psikologis berupa mood dan konsentrasi Anda. Maka, jangan main-main dengan emosi seseorang yang sedang kehausan berat!

Minum air putih tak mesti harus menunggu sinyal, pasalnya kondisi tersebut akan mengurangi mengurangi kebutuhan cairan di tubuh Anda. Haus menandakan adanya hidrasi tubuh yang tidak sempurna, mencakup penurunan berat tubuh sebesar 1-2%. Selalu sempatkan diri untuk mengonsumsi cukup air putih di segala kesempatan, ya

(DA)

0 Komentar

Belum ada komentar