Sukses

Benarkah Orang Cerdas Cenderung Berantakan?

Punya kamar dan meja berantakan bukan berarti isi kepala pemiliknya juga berantakan. Bisa jadi Anda adalah orang cerdas.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda dikritik karena dianggap terlalu berantakan? Jika ya, jangan buru-buru berkecil hati. Bisa jadi ini tanda bahwa Anda orang cerdas.

Setidaknya demikian yang dikatakan oleh para peneliti dari University of Minnesota. Penelitian yang dilakukan oleh Kathleen Vohs dan rekan-rekan ini mengundang partisipan untuk mengisi kuesionar di sebuah kantor.

Beberapa partisipan ditempatkan dalam kondisi yang rapi, sedangkan yang lain di ruangan yang berantakan. Setelahnya, mereka disediakan makanan dan diminta untuk berdonasi. Dengan memperhatikan perilaku para partisipan, para peneliti kemudian memperoleh kesimpulan.

Hasilnya, partisipan yang bekerja di lingkungan rapi memilih makanan yang lebih sehat ketimbang mereka yang bekerja di lingkungan berantakan. Selain itu, mereka juga lebih dermawan dalam menyumbang. Apakah artinya mereka termasuk orang cerdas?

Tidak juga. Dalam eksperimen berikutnya, partisipan yang bekerja di lingkungan berantakan ternyata lebih unggul dalam menyaring ide-ide. Mereka memiliki gagasan yang lebih menarik dan kreatif.

Sayangnya, penelitian ini belum sepenuhnya dapat diterima. Beberapa ahli psikologi mengatakan, metode penelitian yang lebih valid masih sangat dibutuhkan.

Hingga penelitian yang lebih baik muncul, eksperimen di atas masih menjadi angin segar bahwa orang cerdas cenderung berantakan. Apakah ini justifikasi untuk memiliki meja kerja berantakan? Pertimbangkan juga kenyamanan kolega di sekitar Anda ya.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar