Sukses

Apa Penyebab Kedutan Terus-menerus di Wajah?

Rasa tidak nyaman muncul pada orang yang mengalami kondisi kedutan terus-menerus di wajah. Apa penyebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Pernah melihat orang mengalami kedutan terus-menerus di wajah hingga bibir mencong? Atau, Anda mengalaminya sendiri? Kira-kira apa penyebabnya, ya? Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai hemifacial spasm. Hemifacial spasm adalah gangguan pergerakan atau kejang otot. Kondisi ini terjadi pada salah satu bagian wajah.

Gejala awalnya adalah kedutan di daerah mata, lalu turun ke pipi, kemudian bibir. Akhirnya, bibir tertarik keluar atau terlihat mencong. Menariknya, hemifacial spasm lebih sering ditemui pada orang Asia dibandingkan Eropa atau Amerika.

Tekanan psikologis dan stres merupakan beberapa faktor pemicu kedutan terus-menerus di wajah. Bahkan kedua faktor tersebut bisa memperparah hemifacial spasm. Penyebab utamanya ialah penekanan saraf wajah oleh pembuluh darah di lokasi keluarnya saraf dari batang otak. Selain itu, dapat disebabkan oleh infeksi atau tumor. Namun tak jarang pula tidak ada penyebab yang mendasarinya.

Memang, hemifacial spasm tidak membahayakan nyawa orang yang mengalaminya. Akan tetapi , bila tidak ditangani keluhan kedutan akan dirasakan seumur hidup. Bahkan sering kali menjadi semakin parah.

Bila Anda mengalami kedutan terus-menerus di wajah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis saraf. Hemifacial spasm bisa ditangani dengan suntik toksin botulinum atau operasi dekompresi pembuluh darah. Penggunaan obat-obatan tidak memberikan pengaruh berarti, kecuali pada kasus yang sangat ringan.

(BA/MFW)

0 Komentar

Belum ada komentar