Sehat dan Bugar

5 Kiat Jitu Awali Hari tanpa Badmood

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 28 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Badmood di pagi hari biasanya akan memengaruhi aktivitas Anda seharian. Bagaimana mengatasinya?

5 Kiat Jitu Awali Hari tanpa Badmood

Mengawali hari dengan mood yang baik dapat meningkatkan semangat dan merasa bahagia sepanjang hari. Berbeda, jika Anda memulai hari dengan perasaan yang buruk atau badmood. Biasanya ini disebabkan karena terburu-buru atau kesal terhadap sesuatu.

Namun, ternyata menyingkirkan badmood saat mengawali hari tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Istirahat cukup

Bangun pagi seringkali menjadi momok bagi sebagian orang. Perasaan masih mengantuk saat alarm berbunyi biasanya menjadi penyebab utama badmood di pagi hari. Agar tubuh dan pikiran segar saat bangun pagi, beristirahatlah yang cukup. Jika Anda harus bangun pukul 5 pagi, mulailah tidur malam setidaknya pukul 9. Jika Anda tidur cukup, lama- kelamaan Anda akan terbiasa bangun pada jam yang Anda inginkan tanpa perlu lagi mengandalkan alarm.

2. Pemanasan

Berolahraga sebelum berangkat sekolah atau bekerja bukan hal baru. Kebiasaan ini bahkan telah terbukti berdampak baik. Seperti dinyatakan oleh American Psychology Association, olahraga dapat memperbaiki mood dengan cepat. Saat berolahraga, tubuh akan memproduksi endorfin atau hormon bahagia sehingga mood menjadi lebih baik. Lakukan olahraga ringan seperti jogging selama 5 menit atau peregangan seperti yoga. Selain mood menjadi lebih baik, tubuh pun siap untuk menghadapi aktivitas berat sepanjang hari.

3. Sarapan dengan menu seimbang

Kerap kali sarapan dengan makanan yang terlalu berat membuat kekenyangan dan mengantuk. Ganti menu sarapan Anda dengan menu ringan sarat energi. Misalnya bubur gandum bertabur potongan buah atau roti panggang dengan smoothie kaya protein.

4. Pagi yang sederhana

Kurangi jumlah keputusan yang harus Anda buat di pagi hari dengan menyiapkan pakaian dan tas di malam sebelumnya. Selain menghindari pagi yang terburu-buru karena terlambat, cara ini juga memaksimalkan kapasitas otak untuk mencerna hal-hal yang lebih penting. Bila perlu, rencanakan menu sarapan setiap awal minggu agar tidak perlu bingung lagi menentukan akan sarapan apa di pagi hari.

5. Tersenyum

Cara yang terakhir dan paling sederhana, tersenyumlah. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa bahkan dengan memaksakan diri untuk tersenyum, Anda akan merasa lebih baik. Berbincanglah dengan orang- orang yang Anda sayangi, dengarkan musik kesukaan Anda, dan mulailah beraktivitas dengan senyum. Tanamkan pikiran bahwa Anda akan berbahagia hari ini dan hindari memikirkan hal- hal yang buruk.

menghindari badmood saat mengawali hari tidak terlalu sulit, kan? Selamat mencoba.

(DA/ RH)

hidup bahagiaOlahragabadmood

Konsultasi Dokter Terkait