HomeInfo SehatKulitAwet Muda dengan Lidah Buaya
Kulit

Awet Muda dengan Lidah Buaya

dr. Karin Wiradarma, 28 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Lidah buaya yang kerap ditanam di pekarangan rumah ternyata menyimpan banyak manfaat, salah satunya yaitu bikin awet muda.

Awet Muda dengan Lidah Buaya

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat. Bahkan kaum perempuan kerap menggunakannya dalam ritual kecantikan mereka. Kaum wanita percaya bila lidah buaya ampuh dapat membantu mencerahkan kulit. Namun apa saja khasiat lidah buaya untuk kesehatan yang sudah teruji? Secara ilmiah, ada lima manfaat lidah buaya:

  1. Mengobati luka bakar Lidah buaya memiliki efek anti peradangan dan efek antiseptik, yaitu kemampuan menyembuhkan luka dengan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Karena itu, lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bakar ringan.
  2. Melembapkan kulit Lidah buaya mengandung mukopolisakarida yang dapat mempertahankan kelembapan pada kulit. Bila kulit kering dan sensitif, lidah buaya sangat baik dioleskan secara rutin. Kandungan zink pada lidah buaya juga dapat mengecilkan pori-pori kulit.
  3. Awet muda Lidah buaya mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit, sehingga membuat kulit tetap kenyal, halus, dan mencegah timbulnya keriput.
  4. Meredakan konstipasi Lidah buaya mengandung lateks, yaitu zat berwarna kuning yang terdapat tepat di bawah kulit lidah buaya. Lateks berkhasiat mengatasi sembelit. Jadi selain mengoleskan daging lidah buaya, Anda juga bisa mengonsumsinya untuk mengatasi sembelit.
  5. Menurunkan gula darah Lidah buaya bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Penyandang diabetes tipe 2 bisa menjadikannya sebagai alternatif. Namun, sebelumnya perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jadi, lidah buaya tak hanya baik dioles di kulit, tetapi juga baik dikonsumsi. Tertarik untuk mencoba?(BA/ RH)

Lidah BuayaAwet Muda

Konsultasi Dokter Terkait