Sukses

Gigi Makin Sensitif Gara-Gara Makan Es Krim

Tahukah Anda bahwa hobi makan es krim bisa bikin gigi makin sensitif? Cari tahu alasannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi pemilik gigi sensitif, dokter biasanya menganjurkan untuk tidak makan es krim. Salah satu alasannya adalah karena kebiasaan ini bisa bikin gigi makin sensitif.
Seperti yang diketahui, salah satu pemicu gigi ngilu pada kasus gigi sensitif adalah makanan/ minuman dingin. Ini dikarenakan akar gigi sudah tidak terlindungi akibat pori-pori dentin telah terbuka.

Memang, pada kasus gigi sensitif akibat penurunan gusi, tidak semua bagian akar gigi yang terbuka memiliki sensitivitas tinggi. Namun, apabila lapisan terluar (cementum) terpapar oleh faktor pencetus terus-menerus, maka bagian tersebut akan menjadi lebih tipis. Gigi pun makin sensitif.

Jika ingin tetap bisa menikmati es krim, sebaiknya rawatlah terlebih dahulu gigi sensitif Anda. Untuk itu, Anda bisa berkunjung ke dokter gigi untuk mendapatkan terapi berupa pemberian gel Potassium Nitrate, Fluoridasi, Potassium Oxalate, Varnish, pasta CPP-ACP, dan tambalan komposit.

Anda merasa belum perlu ke dokter gigi? Journal of Dentistry Shiraz University of Medical Sciences menganjurkan Anda untuk melakukan perawatan sendiri di rumah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Nah, bagi pemilik gigi sensitif, kini Anda sudah tahu kita untuk makan es krim tanpa membuat gigi makin sensitif. Tapi pastikan juga Anda tetap memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali ke dokter gigi, ya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar