Sukses

Ingin Sukses Diet? Hindari Hal-Hal Ini!

Ada banyak faktor yang bisa membuat diet Anda gagal. Untuk itu, Anda harus menghindari hal-hal ini jika ingin diet berhasil dan tubuh kembali langsing.

Anda sudah diet, tetapi gagal di tengah jalan dan berat badan malah naik drastis? Tenang, Anda tidak sendiri. Ada banyak orang yang juga mengalami gagal diet.

Untuk bisa meraih tubuh langsing dan sukses menurunkan berat badan, ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari saat diet. Simak, yuk, apa saja kebiasaan yang menjadi penyebab gagal diet.

1 dari 2 halaman

Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Gagal Diet

Saat membakar kalori dengan beraktivitas, tubuh akan mempercepat laju metabolisme. Dengan kata lain, semakin mudah pula bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

Namun, laju metabolisme dapat terganggu oleh beragam kebiasaan sehingga menyebabkan diet yang Anda lakukan gagal. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dihindari saat diet:

  1. Melewatkan Sarapan

Hampir 50 persen orang bekerja di Indonesia tidak sarapan di pagi hari. Bila Anda sedang diet, melewatkan sarapan adalah kesalahan besar. Agar diet berhasil, Anda sebaiknya sarapan dalam jumlah cukup di pagi hari. Dianjurkan bahwa 25 persen dari kebutuhan kalori dalam sehari dikonsumsi saat sarapan.

Studi membuktikan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki keinginan untuk makan makanan tinggi lemak saat siang dan sore hari. Hal ini mengakibatkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar sehingga diet tidak berhasil.

Artikel lainnya: 5 Alasan Non Diet Penyebab Berat Badan Anda Melonjak

  1. Tidak Mengonsumsi Karbohidrat 

Banyak orang menganggap bahwa diet berarti tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Anggapan ini salah besar. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan karbohidrat, lemak, dan protein. Semuanya itu tetap harus dikonsumsi, tetapi dalam jumlah yang tepat.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali akan menyebabkan tubuh menjadi lemas, dan berpotensi memicu diet yoyo. Artinya, berat badan turun sesaat, kemudian naik lagi.

  1. Tidak Ngemil 

Sama seperti karbohidrat, Anda bisa mengalami diet yoyo bila tidak mengonsumsi camilan sama sekali. Saat memulai diet, wajar bila Anda lapar karena jumlah kalori yang diterima tubuh lebih sedikit.

Bila kelaparan, jangan memaksa menahan diri dan membuat Anda sengsara. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi camilan 4-5 kali sehari lebih mudah untuk mengontrol rasa lapar dan berat badan.

Namun, tetap ingat untuk memilih camilan yang sehat. Pilihlah camilan yang bergizi seperti buah-buahan atau oat.

  1. Mengonsumsi Minuman Berkalori

Minuman berkalori, seperti soda atau minuman berenergi, memiliki kadar gula yang sangat tinggi.

Adanya pemanis dan pewarna buatan pada minuman tersebut juga membuat Anda menjadi lebih lapar. Itu karena keduanya menstimulasi otak untuk mencari makanan.

Artikel lainnya: Inilah Hal yang Membuat Anda Gagal Menurunkan Berat Badan

  1. Ekspektasi Terlalu Tinggi

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu. Penyebab gagal diet juga bisa disebabkan ekspektasi yang terlalu tinggi, sehingga Anda cepat menyerah karena merasa diet tidak berhasil.

Sebaiknya Anda menentukan target berat badan yang realistis, misalnya setengah sampai satu kilogram dalam seminggu.

  1. Kurang Tidur

Ketika Anda kurang tidur, tubuh memproduksi hormon yang menstimulasi nafsu makan secara berlebihan, yaitu ghrelin.

Namun, di saat yang sama, produksi hormon leptin (hormon yang memberikan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang) menurun. Tidur yang cukup membuat Anda merasa rileks dan mencegah konsumsi camilan yang tidak perlu.

  1. Diet Terlalu Ketat

Kebanyakan diet gagal karena orang mencoba mengikuti diet yang terlalu ketat, tidak seimbang, atau terlalu cepat menurunkan berat badan. Akibatnya, hal tersebut berujung pada diet yoyo, yaitu berat badan yang naik kembali setelah selesai menjalani diet.

Ada banyak pola diet yang terbukti efektif untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan. Pola diet yang Anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan Anda untuk disiplin terhadap rencana diet.

  1. Kurang Minum Air

Ini merupakan penyebab gagal diet yang paling mudah diatasi. Air penting untuk membakar kalori.

Jika Anda dehidrasi, metabolisme akan melambat sehingga penurunan berat badan pun menjadi sangat lambat. Cobalah menambah segelas air tiap makan berat dan camilan.

Nah, demikian tadi penyebab gagal diet yang harus Anda hindari. Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Jika dilakukan dengan sepenuh hati dan tepat, maka Anda bisa meraih berat badan yang Anda impikan.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar cara mencegah kegagalan diet, silakan berkonsultasi kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Jangan lupa bagi Anda yang ingin mengetahui Body Mass Index untuk mengetahui progress diet, cek di sini! Selamat mencoba.

[NWS]

1 Komentar