Sukses

Perlukah Pakai Pantyliner?

Kapan wanita perlu menggunakan pantyliner? Dan apa saja yang harus diperhatikan saat memakainya?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian wanita, pantyliner bukan hal yang asing lagi. Namun, ada pula yang tak terbiasa menggunakannya karena merasa tak perlu. Sebenarnya, perlukah wanita memakai pantyliner?

Pantyliner merupakan pembalut tipis yang bermanfaat untuk menyerap keringat dan cairan vagina agar kondisinya tidak terlalu lembap. Memerhatikan kelembapan vagina memang sangat penting. Saat kondisi lembap, bakteri mudah tumbuh dan berkembangbiak. Bakteri ini yang kemudian dapat menyebabkan iritasi, bau tak sedap, bahkan infeksi yang berujung pada keputihan. Hal ini sering tidak disadari oleh sebagian besar wanita.

Idealnya, untuk menjaga kesehatan vagina, wanita harus rajin mengganti celana dalam ketika kondisi lembap. Tetapi hal tersebut sulit dilakukan terutama untuk wanita aktif yang bekerja di luar rumah. Sebagai solusi, pantyliner dapat dipakai untuk menjaga kesehatan dan kebersihan vagina dengan cara yang praktis.

Selain itu, pantyliner dapat berguna pada keadaan:

  • Harus duduk dalam waktu yang lama
  • Sedang menggunakan celana yang ketat
  • Sedang mengalami keputihan
  • Sedang dalam masa subur (kewanitaan sangat lembap)

Sebagian wanita khawatir penggunaan, pantyliner dapat membahayakan organ intim. Tak perlu waswas. International Journal of Gynecology & Obstetrics tahun 2014 mengungkapkan bahwa penggunaan, pantyliner setiap hari tidak menyebabkan keputihan dan infeksi di daerah vagina.

Berikut ini adalah kiat memilih pantyliner yang baik:

  • Gunakan pantyliner yang mengandung bahan alami
  • Pilih pantyliner dengan ukuran yang pas dan memiliki daya rekat yang baik. Daya rekat yang kurang baik akan menyebabkan kerut dan berpotensi iritasi.
  • Pilih pantyliner yang mengandung antiseptik alami, untuk menghambat bakteri yang tumbuh
    Hal yang perlu diperhatikan saat memakai, pantyliner adalah agar tidak lupa untuk menggantinya paling lambat setiap tiga jam sekali. Dengan demikian, kebersihan dan sirkulasi udara di area organ intim tetap baik.

Jadi, gunakan pantyliner untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim Anda. Jadi Anda bebas worry saat menjalani aktivitas sehari-hari.

[RS/ RH]

1 Komentar