Sukses

Konsumsi Buah dan Sayur dapat Meminimalisir Risiko Stroke

Stroke sering dianggap sebagai momok yang sangat menakutkan. Lawan penyakit tersebut dengan makan banyak sayur dan buah!

Klikdokter.com, Jakarta An apple a day keeps the doctor away! Pernah mendengarnya? Ini bukan sembarang ungkapan. Sebab, konsumsi sayur dan buah memang dapat menjauhkan Anda dari dokter. Bahkan Anda bisa melawan stroke dengan konsumsi keduanya.

Stroke adalah penyakit pembuluh darah otak yang dapat menyebabkan penurunan peredaran darah sehingga terjadi kematian sel-sel otak. Penyakit ini terbagi menjadi dua jenis menurut prosesnya, yakni stroke hemoragik dan stroke iskemik.

Stroke hemoragik dapat terjadi ketika kondisi tekanan darah terlalu tinggi menyebabkan perdarahan pada otak. Sementara, stroke iskemik dapat terjadi ketika adanya sumbatan pada pembuluh darah otak.

Beberapa penelitian telah menemukan adanya hubungan antara konsumsi sayur dan buah dengan risiko penyakit stroke. Konsumsi satu porsi buah bisa menurunkan risiko stroke hingga 11%.

Sedangkan, orang yang mengonsumsi lima porsi sayur dan buah memiliki risiko stroke 25% lebih rendah dibanding mereka yang hanya mengkonsumsi tiga porsi sayur dan buah.

Beberapa ahli mengatakan bahwa sayuran hijau, buah citrus, apel, dan pir adalah jenis sayur dan buah yang memiliki efek melindungi dari stroke. Bisa jadi hal ini karena semua sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan serat.

Lalu bagaimana sayur dan buah melawan stroke? Mengonsumsi banyak sayur dan buah dapat menurunkan tekanan darah yang menjadi salah satu penyebab stroke. Selain itu kandungan yang terdapat sayur dan buah dipercaya menurunkan kadar kolesterol sehingga menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah karena lemak.

Manfaat buah dan sayur sudah terbukti meminimalisir risiko stroke. Oleh karena itu dianjurkan jangan sampai lupa memasukkan keduanya dalam menu harian Anda, ya. Selain itu rajin berolahraga dapat menjadikan tubuh menjadi bugar.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar