Kesehatan Mental

Ini yang Terjadi pada Otak Jika Anda Kurang Tidur

dr. Reza Fahlevi, 23 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hati-hati, kurang tidur bisa mengancam kinerja otak Anda.

Ini yang Terjadi pada Otak Jika Anda Kurang Tidur

Anda terbiasa merelakan waktu tidur demi memenuhi deadline kantor atau nonton serial TV favorit? Jika ya, waspadalah dengan kebiasaan ini.

Kurang tidur bisa berdampak pada kinerja otak Anda. Suatu penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan rusaknya sel otak secara permanen.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan mengambil tikus sebagai hewan percobaan. Hasilnya menunjukkan, tikus mengalami kematian sel otak sebanyak 25% akibat kurang tidur berkepanjangan.

Peran tidur cukup memang sangat besar, terutama dalam proses berpikir dan belajar. Diketahui bahwa kurang tidur mengakibatkan substansi putih (white matter), salah satu bagian otak yang berfungsi sebagai pembawa informasi, mengalami gangguan.

Jika terjadi gangguan kognitif, Anda akan sulit fokus dan berkonsentrasi. Akibatnya, aktivitas sehari-hari akan terhambat.

Selain itu, tidur penting untuk mengumpulkan ingatan mengenai aktivitas yang Anda lakukan selama seharian penuh. Maka, jangan heran bila ingatan Anda jadi payah gara-gara kurang tidur.

Kurang tidur juga berpengaruh buruk pada kesehatan mental. Seseorang yang waktu tidurnya terbatas akan mudah mengalami depresi serta perasaan cemas berlebihan.

Sudah tahu, kan, kalau kurang tidur bisa bikin otak tumpul dan sulit konsentrasi? Karena itu, sesibuk apa pun Anda, luangkan waktu untuk tidur guna mengembalikan kinerja otak. Rata-rata orang dewasa butuh tidur 7-8 jam per hari.

Jangan sampai kurang tidur bikin aktivitas terhambat. Ingat, tidur nyenyak adalah salah satu kunci kebahagiaan dan kesuksesan.

[RS/ RH]

kurang tidurkinerja otakOtak Tumpul

Konsultasi Dokter Terkait