HomeInfo SehatKankerHindari Kanker Kandung Kemih dengan Cara Ini
Kanker

Hindari Kanker Kandung Kemih dengan Cara Ini

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 19 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minum air putih saja tidak cukup untuk mencegah kanker kandung kemih. Berikut hal penting lainnya yang perlu diperhatikan.

Hindari Kanker Kandung Kemih dengan Cara Ini

Kanker kandung kemih adalah pertumbuhan sel abnormal yang bermula dari sel-sel di kandung kemih. Sering kali kanker ini ditandai dengan adanya darah pada urine, yang dapat diikuti dengan keluhan lain, seperti sering buang air kecil, nyeri saat berkemih, serta nyeri punggung.

Infeksi kandung kemih kerap terjadi pada wanita. Hal ini disebabkan saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh (uretra) wanita lebih pendek, dan mulut uretra wanita terletak sangat dekat dengan anus.

Secara keseluruhan, penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Kanker dipicu oleh banyak faktor seperti genetik, gaya hidup, dan pengaruh lingkungan. Berikut beberapa faktor risiko yang perlu diperhatikan sebagai cara mencegah ​kanker kandung kemih​:

1. Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab utama berbagai macam kanker, tak terkecuali kanker kandung kemih. Perokok memiliki risiko hingga enam kali lebih besar terkena kanker kandung kemih dibandingkan orang yang tidak pernah merokok. 

Jadi, cara mencegah kanker kandung kemih adalah dengan berhenti merokok ataupun menghirup asap rokok dari para perokok aktif.

2. Hindari Paparan Berlebih Terhadap Bahan Kimia Industri​

Orang yang bekerja dengan cairan metal, seperti pekerja metal atau operator mesin, juga berisiko tinggi mengalami kanker kandung kemih. Selain itu, pekerja yang berhubungan dengan pewarna, karet, tekstil, dan kulit juga berisiko lebih tinggi. Hal ini berhubungan dengan durasi paparan setiap harinya.

Sebaiknya hindari paparan terhadap hidrokarbon poliakromatik dan arylamine karena berhubungan sangat erat dengan kanker kandung kemih. Jadi, pastikan Anda menggunakan alat pelindung diri yang lengkap saat bekerja di tempat yang mengandung senyawa kimia tersebut.

3. Hindari Paparan Terhadap Arsen

Arsen meningkatkan risiko terkena kanker kandung kemih. Cek air minum yang Anda konsumsi karena sering kali arsen terdapat pada air minum. Minumlah air kemasan/ botol apabila tidak yakin air yang Anda konsumsi bersih dari arsen.

4. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsilah secara teratur sayur dan buah yang mengandung antioksidan seperti karotenoid dan vitamin C. Contoh buah-buahan yang kaya antioksidan adalah blueberry, stroberi, raspberi, dan lainnya. 

Sayuran seperti brokoli, kol, dan kale juga bagus untuk dikonsumsi. Karena mereka mengandung glukosinolat yang pada saat proses memasak berubah menjadi isothiocyanates. Senyawa ini baik untuk menurunkan risiko kanker kandung kemih.

Artikel Lainnya: 9 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Pria

5. Minum Air Putih Secara Cukup

Minumlah air minimal 2 liter per hari. Air dapat membantu mengeluarkan senyawa kimia penyebab ​kanker​. Selain itu, asupan cairan yang cukup merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

6. Atasi Keluhan pada Saluran Kemih Secepatnya

Tahukah Anda bahwa batu pada kandung kemih dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kandung kemih? Keluhan dari batu kandung kemih dapat berupa adanya darah pada urine, nyeri saat berkemih atau nyeri perut bagian bawah. 

Jadi, jika Anda memiliki keluhan ini, jangan ragu segera berkunjung ke dokter sehingga keluhan Anda dapat segera ditangani.

7. Jangan Anggap Sepele Infeksi Saluran Kemih

Ternyata, mengalami infeksi saluran kemih (ISK) berulang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa infeksi saluran kemih kronis merupakan salah satu faktor risiko kanker kandung kemih. 

Keluhan infeksi saluran kemih bisa berupa buang air kecil tidak lampias, nyeri saat buang air kecil, anyang-anyangan, dan demam.

Nah, ternyata dengan berhenti merokok serta menerapkan pola hidup sehat Anda dapat terhindar dari risiko kanker kandung kemih. Ingat, mencegah lebih mudah daripada mengobati! 

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara mencegah kanker kandung kemih? Anda bisa memanfaatkan layanan Live Chat 24 Jam dari KlikDokter untuk berkonsultasi langsung dengan dokter. Gratis!

[FY]

kandung kemihKanker

Konsultasi Dokter Terkait