Diet dan Nutrisi

Menikmati Manfaat Ikan Laut Dalam

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 19 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda pencinta seafood sejati? Tingkatkan level hobi makan Anda dengan mengenali manfaat ikan laut dalam.

Menikmati Manfaat Ikan Laut Dalam

Keunggulan ikan sebagai sumber protein dan lemak baik sudah tak diragukan. Berkat kandungannya tersebut, ikan dapat menekan risiko penyakit jantung, menunjang perkembangan otak, sekaligus merawat penampilan rambut. Lengkap, bukan?

Namun, tak banyak yang tahu kelebihan ikan laut dalam dibandingkan ikan lainnya—misalnya ikan air tawar. Contoh ikan laut dalam adalah kod, mahi-mahi, salmon, dan tuna. Beberapa di antaranya pasti pernah Anda coba.Yuk, intip keutamaan ikan laut dalam berikut ini:

1. Minim polusi

Ikan laut dalam lebih minim terkena polusi akibat kegiatan manusia. Hal ini dikarenakan polutan air laut, seperti sampah dan minyak, lebih banyak berada di laut dangkal atau di permukaan.

2. Rendah lemak

Berbeda dengan ikan air tawar, ikan laut dalam lebih jarang dikembang biakan secara massal. Kelebihan dari perbedaan ini adalah ikan laut dalam dapat berenang dengan lebih leluasa. Alhasil, mereka lebih rendah lemak dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Omega-3 yang tinggi

Suhu air laut terbilang lebih rendah di laut dalam. Ini membuat ikan laut dalam memproduksi omega-3 lebih banyak dibandingkan ikan lainnya.

Tidak semua ikan laut dalam baik untuk kesehatan. Untuk itu, tetaplah jeli dalam memilih. Beberapa jenis yang sebaiknya dihindari adalah cucut, hiu, dan tuna putih.

Perhatikan juga bahwa minim polusi bukan berarti tidak ada kontaminasi merkuri sama sekali. Karena itu, hindari mengonsumsi ikan laut dalam terlalu sering atau berlebihan. Supaya manfaatnya tidak berbalik menjadi malapetaka!

[RS/ RH]

 

Ikanikan lautManfaat IkanManfaat Ikan Laut

Konsultasi Dokter Terkait