Sukses

5 Tanda Kulit Anda Sedang Stres

Kulit Anda kering, berjerawat, atau berkeriput? Hati-hati, mungkin kulit Anda sedang mengalami stres.

Klikdokter.com, Jakarta Kata siapa kulit tak bisa stres? Saat stres menghampiri Anda, semua bagian tubuh bisa terkena imbasnya, tak terkecuali kulit. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui apakah kulit Anda sedang stres atau tidak?

Berikut adalah tanda-tanda yang bisa Anda kenali:

  1. Kulit Kering

    Kondisi stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Hal ini akan merusak kelembaban kulit. Akibatnya, kulit kering karena kehilangan kelembabannya. Kulit yang kering akan lebih mudah mengalami proses penuaan seperti keriput.

  2. Keriput

    Hormon kortisol yang dilepaskan tubuh ketika stres juga merusak kolagen dan elastin dalam kulit. Kolagen dan elastin berfungsi sebagai penyokong kulit agar tetap kenyal dan sehat. Ketiadaan kolagen dan elastin akan membuat kulit keriput dan tampak kendur.

  3. Kemerahan

    Kulit cenderung mudah mengalami iritasi saat stres. Kemerahan dan kulit perih merupakan tanda kulit menjadi lebih sensitif. Selain itu, stres akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang menimbulkan kemerahan pada kulit.

  4. Jerawat

    Stres dapat membuat kulit berjerawat atau bahkan memperburuk jerawat Anda. Sebab, stres menghasilkan hormon kortisol yang dapat memicu produksi minyak berlebih.

    Hal ini menyebabkan jerawat lebih mudah muncul. Selain itu, stres mengakibatkan ketidakseimbangan antara bakteri baik dan bakteri buruk di kulit yang juga dapat menimbulkan jerawat membandel.

  5. Mata berkantung

    Selama ini, banyak anggapan bahwa lingkaran hitam di bawah mata timbul akibat kurang tidur atau sering begadang. Stres memang terkadang membuat seseorang sulit tidur di malam hari.

    Namun, stres juga dapat menyebabkan mata berkantung. Sebab pembuluh darah di bawah mata menjadi lebih kendur dan membengkak saat stres.

Kulit merupakan etalase tubuh Anda. Hindari stres sebisa mungkin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan segar. Anda pun semakin terlihat awet muda.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar