Sukses

Waspada Serangan Osteoartritis pada Wanita Menopause

Tahukah Anda, wanita menopause berisiko tinggi terhadap osteoartritis? Simak disini.

Klikdokter.com, Jakarta Pengapuran sendi atau osteoartritis merupakan masalah sendi yang cukup sering terjadi. Hal ini biasanya dikaitkan dengan adanya kerusakan atau peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang menjadi menipis seiring bertambahnya usia.

Pengapuran umumnya terjadi pada daerah lutut. terasa nyeri ketika berjalan. Salah satu tanda pengapuran sendi adalah rasa sakit saat melakukan gerakan berlebihan. Selain itu juga bisa terjadi kekakuan dan pembengkakan sendi.

Mereka yang Rentan Pengapuran Sendi

Spesialis Orthopedi, dr. Adib Khumaidi Sp.OT., mengatakan, perempuan yang memasuki masa menopause lebih rentan mengalami masalah peradangan sendi. Hal itu dikarenakan, cairan pelumas yang terdapat di lutut mulai berkurang yang mengakibatkan tulang akan semakin menipis.

“Semakin tipis tulang rawannya akan membuat tulang akhirnya bertemu tulang. Itulah yang menimbulkan gesekan dan kerap membuat sakit," kata Adib dalam acara peluncuran produk Health and Happiness dari PT Kalbe Farma di Kantor PB IDI, Jakarta.

Harus Bagaimana?

Anda memang tidak bisa menghentikan laju usia. Tapi bukan berarti Anda harus menyerah pada gangguan kesehatan yang banyak menyerang di usia lanjut, seperti osteoartritis.

Agar terhindar dari semua itu, dr. Adib menyarankan agar pola hidup sehat diterapkan sejak wanita masih dalam usia produktif. Hal ini tak hanya berguna di usia lanjut, tapi juga menghindarkan Anda dari gangguan kesehatan di usia muda.

“Usia muda pun Anda dapat mengalami osteoartritis karena faktor gaya hidup, seperti obesitas dan kurang gerak. Kegemukan bisa memberikan beban berlebih pada lutut. Sedangkan kebiasaan kurang gerak bisa menyebabkan kekakuan sendi,” lanjutnya.

Jadi, meskipun osteoartritis rentan terjadi pada perempuan yang memasuki masa menopause, tak berarti Anda yang berusia muda boleh meremehkannya. Terapkan pola hidup sehat sejak muda, nikmati manfaatnya kini dan nanti.

(RH)

1 Komentar